Kompas.com - 24/11/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi mudik SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik

KOMPAS.com – Saat berkendara, risiko kecelakaan tetap selalu ada, sekalipun menempuh jarak dekat. Untuk itu, perlu usaha untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko terluka parah, misalnya, dengan menggunakan seat belt bagi orang dewasa dan car seat bagi anak.

Indonesia memang tidak mewajibkan penggunaan car seat atau kursi mobil khusus bagi bayi dan anak yang dilengkapi dengan belt khusus.

Padahal, car seat ini sangat penting digunakan bagi bayi dan anak yang memang belum bisa menggunakan seat belt, guna mencegah luka parah atau bahkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas.

Hal itu juga yang diungkapkan oleh dokter bedah orthopedi & traumatologi Bagus Pramantha Putra Wijata dalam webinar Your Kid’s Safety is Top Priority yang digelar oleh Mothercare dan Poled pada Rabu (24/11/2021) sore.

Baca juga: Tips Memilih Car Seat, Tingkatkan Peluang Bayi Selamat Saat Kecelakaan

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada anak-anak berusia 4 hingga 14 tahun, dan penggunaan child safety seat menurunkan risiko itu sebanyak 71 persen,” ujar Bagus dalam webinar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bayi berusia di bawah dua tahun sudah harus ditempatkan dalam car seat untuk memasikannya agar aman.

“Bayi dan anak berusia dua tahun ke bawah bisa ditempatkan di car seat berbentuk rear facing (menghadap ke belakang) agar lebih aman. Sebab, kepala bayi besarnya 25 persen dari keseluruhan tubuhnya. Sehingga kepalanya akan tertahan,” ujarnya.

Lalu untuk anak berusia hingga lima tahun, Bagus mengatakan bahwa anak sudah bisa memakai car seat dengan forward facing (menghadap ke depan), dengan strap berada di atas bahu anak dan tidak memiliki celah dengan tubuh.

Jenis kursi mobil ini hanya boleh digunkan jika anak sudah bisa duduk diam.

Baca juga: Alasan Mengapa Bayi Menghadap Belakang Saat Menggunakan Car Seat

Anak berusia di atas lima tahun pun tentu masih harus menggunakan car seat. Namun, kali ini bisa berbentuk booster seat, kursi tambahan untuk mobil. Kursi ini bisa jadi pilihan jika anak belum mampu menggunakan seat belt umum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.