Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jaga Pola Makan Saat Liburan? Asuplah Protein

Kompas.com - 25/11/2021, 06:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Masa liburan sering menjadi momen yang ditakuti oleh mereka yang sedang diet. Bagaimana tidak, godaan untuk mengasup berbagai jenis panganan yang menggungah selera sangat besar. Diet pun berantakan.

Jika kamu termasuk orang yang khawatir tak bisa menahan godaan makan saat liburan, tenang saja ada triknya agar kita bisa merasa tak gampang lapar.

Menurut Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman, kuncinya adalah menambahkan lebih banyak protein ke dalam setiap makanan, serta mengurangi karbohidrat dan lemak olahan.

"Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi camilan tak sehat," kata Bowerman dalam keterangan pers.

Dia menjelaskan, selain berfungsi membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak, protein juga membantu membuat porsi makanan lebih membuat kenyang.

Baca juga: 10 Buah Rendah Kalori untuk Camilan Diet

Dengan cara memasukkan beberapa protein pada setiap makanan dan hidangan juga membantu menjaga rasa lapar sepanjang hari dan membantu memastikan bahwa kebutuhan protein individu –yang bervariasi tergantung pada ukuran dan komposisi tubuh, usia, dan tingkat aktivitas– terpenuhi.

"Makanan yang kaya protein seperti daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga memasok vitamin B, vitamin E, zat besi, seng, dan magnesium," paparnya.

Sumber makanan berprotein tinggi sebenarnya dengan mudah bisa kita dapatkan di sekitar kita. Misalnya saja bubuk protein yang bisa ditambahkan ke dalam makanan, protein bar, atau pun sumber protein hewani tanpa lemak.

Bowerman juga menyarankan agar kita lebih selektif tentang makanan yang dipilih saat berlibur atau berwisata.

"Saat melihat menu makanan dan hidangan saat liburan, ada beberapa cara untuk menjaganya tetap sehat. Untuk hidangan utama, carilah sumber protein tanpa lemak seperti ikan bakar, daging unggas, daging tanpa lemak, atau sumber vegetarian seperti kacang-kacangan," sarannya.

Baca juga: Protein Shake, Bisakah Penuhi Nutrisi Layaknya Makanan Padat?

Untuk membatasi kalori, kita juga bisa mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau roti putih, dengan beras merah atau pasta gandum.

Waspadai juga minuman yang tinggi kalori, seperti softdrink, minuman olahan kopi, dan sebagainya.

“Anda tidak harus sepenuhnya menghindari makanan favorit saat liburan. Salah satu triknya adalah mengurangi camilan, seperti kue keping cokelat, dan sebagai gantinya, nikmati camilan spesial yang ada saat liburan," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com