Kompas.com - 25/11/2021, 06:43 WIB
Ilustrasi FREEPIKIlustrasi

KOMPAS.com - Terapi pengobatan kanker saat ini semakin maju dan efektif. Walau begitu, terapi tersebut menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Salah satu efek samping itu adalah pada kulit, seperti kulit menjadi kering, gatal, peradangan di sekitar kuku, dan sebagainya.

Tak tahan dengan efek sampingnya, lebih dari 80 persen pasien menghentikan pengobatannya. Padahal, pengobatan kanker yang dilakukan sampai selesai dapat meningkatkan harapan hidup pasien.

Sebenarnya banyak dari efek samping pengobatan kanker yang bisa diatasi oleh dokter kulit. Namun, menurut data tahun 2018, 84 persen pasien kanker tidak dirujuk ke dokter kulit.

Merek perawatan kulit La Roche-Posay (LRP), yang telah lebih dari 10 tahun berfokus pada pasien kanker, meluncurkan kampanye Fight With Care untuk memberi solusi konkret bagi masalah kesehatan pasien kanker.

Baca juga: Pengobatan Kanker Otak, Operasi hingga Kemoterapi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by La Roche-Posay International (@larocheposay)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini produk-produk LRP terbukti memberikan efek yang nyaman di kulit pasien kanker.
Dijelaskan oleh Presiden La Roche-Posay International, Laetitia Toupet, LRP telah bekerja sama dengan dokter kulit di berbagai negara untuk pasien kanker lebih dari 10 tahun.

"Walau begitu kami masih mendengar pasien berkata, 'Anda saja saya tahu ada solusi dermatologis untuk kulit saya, pasti itu akan mengubah hidup saya!'Itu sebabnya kami maju selangkah dengan kampanye Fight with Care," katanya.

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual dari Paris pekan lalu, LRP mengumumkan kerjasamanya dengan MASCC (Multinational Association of Support Care in Cancer).

Rencananya, pada Desember 2021 LRP akan berkolaborasi dengan para pakar untuk menerbitkan konsensus international pertama yang memberi rekomendasi untuk perawatan kulit yang terkait dengan efek samping pengobatan kanker.

Program Fight With Care juga terdiri dari beberapa kampanye, antara lain Save Your Skin yang didedikasikan untuk mencegah kanker kulit, dan A Better Life For Children With Cancer yang bekerja sama dengan pakar kanker anak dan dokter multidisiplin untuk meningkatkan kualitas hidup anak yang menderita kanker.

Baca juga: Skincare untuk Kulit Berjerawat, La Roche Posay Hadir di Indonesia

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.