Kompas.com - 25/11/2021, 07:38 WIB
Tanda toxic relationship tak selalu bisa dikenali dengan jelas. Apalagi jika seseorang sangat mencintai pasangannya, tanda toxic reationship tersebut sering kali terabaikan. FREEPIK/YANALYATanda toxic relationship tak selalu bisa dikenali dengan jelas. Apalagi jika seseorang sangat mencintai pasangannya, tanda toxic reationship tersebut sering kali terabaikan.

KOMPAS.com – Perbedaan pendapat, bahkan pertikaian adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Namun, kondisi ini seharusnya tidak berlarut-larut dan bisa cepat diselesaikan. 

Jika pertengkaran itu diwarnai dengan bentakan atau melontarkan ucapan yang membuat pasangan marah, tentu kita akan menyesal dan perlu meminta maaf. Namun, praktiknya tidak mudah meminta maaf.

Salah satu tips untuk memudahkan kita mengucapkan maaf dengan tulus adalah bersikap rendah hati atau mengurangi perasaan lebih "tinggi" dari pasangan. Meminta maaf bukan berarti lemah, tapi tanda kita menghargai pasangan.

Berikut adalah tips lain untuk memperbaiki hubungan lewat permintaan maaf.

Baca juga: Begini Caranya Minta Maaf pada Orang yang Pernah Disakiti di Masa Lalu

Kata maaf sederhana

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menerima kesalahan dan merasa bersalah karenanya adalah hal penting dalam hubungan. Jika kita telah menyadari kesalahan, kesampingkan ego demi hubungan dan ucapkan penyesalan.

Namun, pastikan kita tidak mengulangi kesalahan itu setiap saat, karena jika kita melakukannya, kata maaf pun akan kehilangan esensinya, membuatnya seperti formalitas saja, bukan ekspresi penyesalan yang tulus.

Perhatikan tindakan kita

Jika kita terlalu malu untuk meminta maaf atau berpikir bahwa maaf saja tidak cukup, berhati-hatilah dengan tindakan kita di masa depan.

Buatlah aturan praktis untuk tidak mengulangi hal yang sama yang dengan yang telah kita lakukan sebelumnya, tidak peduli seberapa marah atau frustrasinya kita. Dengan melakukan ini, tidak hanya menyadari kesalahan kita, tetapi juga menyatakan bahwa menyesal telah melakukan sesuatu yang salah, membuat kita dan pasangan sedikit lebih dekat.

Baca juga: 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hubungan Asmara

Ekspresikan perasaan kita

Jika apa yang kita perbuat sangat mengganggu kita, tentu hal itu juga akan mengganggu pasangan. Jadi, buka dan ekspresikan diri kita, lalu jelaskan secara rinci apa yang membuat kita berperilaku seperti itu atau hal apa yang membuat kita stres.

Manfaatkan kesempatan untuk berbicara dan menghapuskan kecanggungan, jika ada. Hal ini akan membantu membawa transparansi pada hubungan, sekaligus membantu memberi tahu pasangan bahwa itu semua tidak disengaja.

Baca juga: Memahami Love Language, Kekuatan Bahasa Cinta di Dalam Hubungan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.