Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Konflik, Ini 3 Cara Meminta Maaf pada Pasangan

Kompas.com - 25/11/2021, 07:38 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com – Perbedaan pendapat, bahkan pertikaian adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Namun, kondisi ini seharusnya tidak berlarut-larut dan bisa cepat diselesaikan. 

Jika pertengkaran itu diwarnai dengan bentakan atau melontarkan ucapan yang membuat pasangan marah, tentu kita akan menyesal dan perlu meminta maaf. Namun, praktiknya tidak mudah meminta maaf.

Salah satu tips untuk memudahkan kita mengucapkan maaf dengan tulus adalah bersikap rendah hati atau mengurangi perasaan lebih "tinggi" dari pasangan. Meminta maaf bukan berarti lemah, tapi tanda kita menghargai pasangan.

Berikut adalah tips lain untuk memperbaiki hubungan lewat permintaan maaf.

Baca juga: Begini Caranya Minta Maaf pada Orang yang Pernah Disakiti di Masa Lalu

Kata maaf sederhana

Menerima kesalahan dan merasa bersalah karenanya adalah hal penting dalam hubungan. Jika kita telah menyadari kesalahan, kesampingkan ego demi hubungan dan ucapkan penyesalan.

Namun, pastikan kita tidak mengulangi kesalahan itu setiap saat, karena jika kita melakukannya, kata maaf pun akan kehilangan esensinya, membuatnya seperti formalitas saja, bukan ekspresi penyesalan yang tulus.

Perhatikan tindakan kita

Jika kita terlalu malu untuk meminta maaf atau berpikir bahwa maaf saja tidak cukup, berhati-hatilah dengan tindakan kita di masa depan.

Buatlah aturan praktis untuk tidak mengulangi hal yang sama yang dengan yang telah kita lakukan sebelumnya, tidak peduli seberapa marah atau frustrasinya kita. Dengan melakukan ini, tidak hanya menyadari kesalahan kita, tetapi juga menyatakan bahwa menyesal telah melakukan sesuatu yang salah, membuat kita dan pasangan sedikit lebih dekat.

Baca juga: 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hubungan Asmara

Ekspresikan perasaan kita

Jika apa yang kita perbuat sangat mengganggu kita, tentu hal itu juga akan mengganggu pasangan. Jadi, buka dan ekspresikan diri kita, lalu jelaskan secara rinci apa yang membuat kita berperilaku seperti itu atau hal apa yang membuat kita stres.

Manfaatkan kesempatan untuk berbicara dan menghapuskan kecanggungan, jika ada. Hal ini akan membantu membawa transparansi pada hubungan, sekaligus membantu memberi tahu pasangan bahwa itu semua tidak disengaja.

Baca juga: Memahami Love Language, Kekuatan Bahasa Cinta di Dalam Hubungan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com