Kompas.com - 25/11/2021, 09:24 WIB
Ada beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan sendiri di rumah, mulai dari mempraktikkan self compassion, mengelola pola hidup teratur, meditasi, dan lainnya. UNSPLASH/WILLIAM FARLOWAda beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan sendiri di rumah, mulai dari mempraktikkan self compassion, mengelola pola hidup teratur, meditasi, dan lainnya.

KOMPAS.com - Ada beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan di rumah, mulai dari praktik self compassion, melakukan aktivitas yang menenangkan, dan lainnya.

Namun sebelumnya, apa itu self healing?

Secara umum, self healing adalah upaya untuk menyembuhkan luka batin.

Menurut pakar psikologi dari Universitas Airlangga, Yogi Wulandari, MSi dalam laman unair.ac.id, self healing merupakan teknik atau intervensi yang dilakukan ketika seseorang mengalami masalah atau gangguan psikologis.

Pada kondisi tersebut, self healing dibutuhkan untuk mengatasi ketika ada pikiran atau perasaan yang mengganggu fungsi seseorang dalam menjalani aktivitas harian.

Beberapa kondisi tersebut seperti mudah merasa bosan terhadap semua hal, sering kehilangan konsentrasi, atau mengalami kecemasan yang terkadang tidak jelas sumbernya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara beberapa tanda fisik kita memerlukan self healing antara lain tubuh mudah lelah, susah tidur, atau mengalami keluhan fisik yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya.

Baca juga: Mengenal Self Healing, Tujuan dan Siapa Saja yang Membutuhkannya

Cara self healing yang dapat dipraktikkan

Cara self healing yang efektif bagi setiap orang mungkin bisa berbeda-beda. Mencoba dan menemukan cara self healing yang paling pas untuk diri kita sendiri adalah hal yang dianjurkan.

Secara umum, berikut cara self healing yang bisa coba dipraktikkan:

1. Mengapresiasi tubuh kita

Sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.PEXELS/ALEXANDR PODVALNY Sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.
Tubuh kita adalah keajaiban. Menurut MentalHelp.net, sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.