Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Self Healing yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

Kompas.com - 25/11/2021, 09:24 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan di rumah, mulai dari praktik self compassion, melakukan aktivitas yang menenangkan, dan lainnya.

Namun sebelumnya, apa itu self healing?

Secara umum, self healing adalah upaya untuk menyembuhkan luka batin.

Menurut pakar psikologi dari Universitas Airlangga, Yogi Wulandari, MSi dalam laman unair.ac.id, self healing merupakan teknik atau intervensi yang dilakukan ketika seseorang mengalami masalah atau gangguan psikologis.

Pada kondisi tersebut, self healing dibutuhkan untuk mengatasi ketika ada pikiran atau perasaan yang mengganggu fungsi seseorang dalam menjalani aktivitas harian.

Beberapa kondisi tersebut seperti mudah merasa bosan terhadap semua hal, sering kehilangan konsentrasi, atau mengalami kecemasan yang terkadang tidak jelas sumbernya.

Sementara beberapa tanda fisik kita memerlukan self healing antara lain tubuh mudah lelah, susah tidur, atau mengalami keluhan fisik yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya.

Baca juga: Mengenal Self Healing, Tujuan dan Siapa Saja yang Membutuhkannya

Cara self healing yang dapat dipraktikkan

Cara self healing yang efektif bagi setiap orang mungkin bisa berbeda-beda. Mencoba dan menemukan cara self healing yang paling pas untuk diri kita sendiri adalah hal yang dianjurkan.

Secara umum, berikut cara self healing yang bisa coba dipraktikkan:

1. Mengapresiasi tubuh kita

Sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.PEXELS/ALEXANDR PODVALNY Sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.
Tubuh kita adalah keajaiban. Menurut MentalHelp.net, sebagai bagian dari cara self healing, luangkanlah waktu untuk fokus pada bagian-bagian tubuh berbeda dan apa yang kita rasakan.

Cobalah pikirkan apa yang selama ini sudah dilakukan oleh bagian-bagian tubuh kita itu. Dalam hati, ungkapkan terima kasih pada tubuh kita karena sudah membantu kita hingga hari ini.

2. Mempraktikkan self compassion

Terlalu keras pada diri sendiri adalah hal yang tidak baik. Kebiasaan itu hanya akan membuat tubuh dan pikiran kita sulit untuk pulih. Untuk itu, mempraktikkan self compassion atau belas kasih terhadap diri sendiri dapat menjadi bagian dari cara self healing.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Terlalu keras pada diri sendiri adalah hal yang tidak baik. Kebiasaan itu hanya akan membuat tubuh dan pikiran kita sulit untuk pulih. Untuk itu, mempraktikkan self compassion atau belas kasih terhadap diri sendiri dapat menjadi bagian dari cara self healing.
Sering kali kita terlalu keras pada diri kita, bahkan melebihi bagaimana kita memerlakukan orang lain.

Terkadang, kita marah pada diri sendiri karena sakit atau tidak bisa melakukan suatu pekerjaan, atau ketika mengalami penolakan.

Namun, menurut Berkeley Well-Being Insitute, terlalu keras pada diri sendiri adalah hal yang tidak baik. Kebiasaan itu hanya akan membuat tubuh dan pikiran kita sulit untuk pulih.

Untuk itu, mempraktikkan self compassion atau belas kasih terhadap diri sendiri dapat menjadi bagian dari cara self healing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com