Kompas.com - 25/11/2021, 11:36 WIB
Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTTidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas

KOMPAS.comPalem merupakan pohon yang cocok digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Selain mudah dirawat, pohon ini banyak digemari karena membuat suasana tropis dalam ruangan semakin hidup dan bisa menjaga kelembapan.

Pohon palem yang berasal dari famili Arecaceae, biasa hidup di wilayah iklim tropis dan subtropis. Oleh sebab itu, pohon palem cocok dengan suhu hangat, kelembaban rata-rata, dan cahaya sedang dalam ruangan.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan membeli pohon palem untuk ditempatkan di dalam ruangan. Sebab, tumbuhan ini punya bentuk pertumbuhan yang bervariasi. Ada pohon palem yang bisa tumbuh menjulang tinggi dan ada juga yang pendek.

Nah, supaya kamu tidak salah membeli, yuk ketahui jenis pohon palem apa saja yang bisa ditempatkan di dalam ruangan. 

1. Palem parlor

Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor. SHUTTERSTOCK/STUDIO LIGHT AND SHADE Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor.
Pohon palem yang satu ini adalah spesies pohon palem berukuran kecil dari hutan hujan di Guatemala dan Meksiko Selatan.

Palem parlor yang punya nama ilmiah Chamaedorea elegans bisa menjadi tanaman hias yang menarik karena pertumbuhannya yang kompak dan menggumpal, menyerupai batang bambu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena bentuknya yang apik, tak mengeherankan jika palem parlor menjadi tumbuhan  populer untuk ditempatkan di dalam ruangan dan telah dibudidayakan sebagai tanaman hias selama 50 tahun.

Di habitat aslinya, palem parlor bisa tumbuh pada ketinggian 3 hingga 3,5 meter. Tapi, jika pohon ini ditempatkan di dalam ruangan, ketinggiannya hanya berkisar 0,5 hingga 1,8 meter.

Untuk perawatan palem parlor terbilang mudah. Pohon ini bisa mentolerir kondisi rendah cahaya, tapi jika sampai kekurangan pancaran sinar matahari maka pertumbuhannya akan melambat.

2. Palem kuning

tanaman palem kuningshutterstock tanaman palem kuning
Palem kuning yang punya nama ilmiah Dypsis lutescens, bisa menjadi pusat perhatian yang indah di ruangan besar karena ukurannya yang bongsor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.