Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 20/12/2022, 07:01 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.comPalem merupakan pohon yang cocok digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Selain mudah dirawat, pohon ini banyak digemari karena membuat suasana tropis dalam ruangan semakin hidup dan bisa menjaga kelembapan.

Pohon palem yang berasal dari famili Arecaceae, biasa hidup di wilayah iklim tropis dan subtropis. Oleh sebab itu, pohon palem cocok dengan suhu hangat, kelembaban rata-rata, dan cahaya sedang dalam ruangan.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan membeli pohon palem untuk ditempatkan di dalam ruangan. Sebab, tumbuhan ini punya bentuk pertumbuhan yang bervariasi. Ada pohon palem yang bisa tumbuh menjulang tinggi dan ada juga yang pendek.

Nah, supaya kamu tidak salah membeli, yuk ketahui jenis pohon palem apa saja yang bisa ditempatkan di dalam ruangan. 

1. Palem parlor

Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor. SHUTTERSTOCK/STUDIO LIGHT AND SHADE Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor.
Pohon palem yang satu ini adalah spesies pohon palem berukuran kecil dari hutan hujan di Guatemala dan Meksiko Selatan.

Palem parlor yang punya nama ilmiah Chamaedorea elegans bisa menjadi tanaman hias yang menarik karena pertumbuhannya yang kompak dan menggumpal, menyerupai batang bambu.

Karena bentuknya yang apik, tak mengeherankan jika palem parlor menjadi tumbuhan  populer untuk ditempatkan di dalam ruangan dan telah dibudidayakan sebagai tanaman hias selama 50 tahun.

Di habitat aslinya, palem parlor bisa tumbuh pada ketinggian 3 hingga 3,5 meter. Tapi, jika pohon ini ditempatkan di dalam ruangan, ketinggiannya hanya berkisar 0,5 hingga 1,8 meter.

Untuk perawatan palem parlor terbilang mudah. Pohon ini bisa mentolerir kondisi rendah cahaya, tapi jika sampai kekurangan pancaran sinar matahari maka pertumbuhannya akan melambat.

2. Palem kuning

tanaman palem kuningshutterstock tanaman palem kuning
Palem kuning yang punya nama ilmiah Dypsis lutescens, bisa menjadi pusat perhatian yang indah di ruangan besar karena ukurannya yang bongsor.

Pohon ini bisa ditanam di pot berukuran besar di taman dan bisa tumbuh hingga 1,5 meter. Sedangkan, pada kondisi mendapat sinar matahari tidak langsung yang cerah, palem kuning bisa tumbuh hingga ketinggian 2,4 meter.

Apabila ingin palem kuning terawat, jangan siram pohon ini dengan banyak air. Sebaliknya, tanah yang digunakan sebagai media tanam palem kuning harus dijaga dalam kondisi kering.

3. Palem phoenix

Phoenix roebelenii atau palem phoenix pigmiStrauss, Friedrich Phoenix roebelenii atau palem phoenix pigmi
Berbeda dengan jenis pohon palem phoenix lain yang bisa hidup hingga ketinggian 22 meter di habitat aslinya, palem phoenix pigmi hanya bisa tumbuh pada ketinggan 0,9 hingga ,15 meter.

Palem phoenix yang berasal dari Cina selatan ini, memiliki daun yang rapat dan berbulu dengan warna hijau mengkilap, hijau keperakan, atau hijau tua. Pada umumnya, palem phoenix toleran terhadap kekeringan.

4. Palem kipas cina

Palem kipas Palem kipas
Di Indonesia, pohon palem yang satu ini sering ditanam di tengah separator jalan untuk memperindah tata kota.

Halaman:
Sumber realsimple


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com