Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 11:50 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Daun pandan untuk mengusir kecoa telah diyakini oleh sebagian orang sejak lama.. Namun, apakah cara ini efektif?

Laman Home Decor menjelaskan, serangga seperti kecoa bernapas melalui trakea yang melekat pada bukaan spirakel di semua segmen tubuhnya.

Artinya, serangga ini bernapas melalui "kulit" dan tidak dapat mentoleransi partikel wewangian yang bisa menyumbat kulitnya.

Mengisi udara dengan wewangian, seperti pandan, bisa "mencekik" kecoa dan membuatnya tidak betah berada di ruangan tersebut.

Sementara itu, ahli entomologi medis dari Rentokil Initial Singapura, Dr Chan, mengatakan daun pandan segar bukanlah solusi mengendalikan kecoa apalagi mengendalikan serangan kecoa.

Serangga itu memang akan menghindari daun pandan, namun tidak akan membunuhnya. Apalagi jika daun pandan sudah mengering. Daun pandan yang sudah mengering malah bisa menjadi sumber makanan bagi kecoa dan hama lainnya.

Selain itu, menempatkan daun pandan di satu titik saja hanya akan mengusir kecoa dari area tersebut dan mungkin berpindah ke area lain.

Baca juga: Cara Mudah Membasmi Kecoa dengan Soda Kue

Daun pandan untuk mengusir kecoa

Meski daun pandan untuk mengusir kecoa mungkin kurang efektif dan tidak bisa membunuhnya, tak ada salahnya jika ingin mencobanya.SHUTTERSTOCK Meski daun pandan untuk mengusir kecoa mungkin kurang efektif dan tidak bisa membunuhnya, tak ada salahnya jika ingin mencobanya.
Meski daun pandan untuk mengusir kecoa mungkin kurang efektif dan tidak bisa membunuhnya, tak ada salahnya jika ingin mencobanya.

Jika ingin menggunakan daun pandan untuk mengusir kecoa, penting untuk menggunakan daun pandan segar dan memastikan daun ini selalu ada di rumah.

Kita perlu menggantinya secara rutin. Sebab, daun pandan yang disimpan di lemari selama lebih dari sebulan, misalnya, mungkin sudah tidak bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Selain itu, daun pandan untuk mengusir kecoa juga bisa dipraktikkan dengan membuat semprotan semprotan daun pandan.

Menurut DrHealthBenefits, cobalah menambahkan ekstrak daun pandan ke dalam air dan masukkan campurannya ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke area-area yang biasa didatangi kecoa.

Jika menemukan serangan kecoa yang sulit dibasmi, cara mengusir kecoa yang dijelaskan pada tautan ini bisa dicoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com