Kompas.com - 25/11/2021, 12:54 WIB

KOMPAS.comPakaian putih kerap kali tidak berumur panjang karena warnanya yang cepat menguning, kusam, bahkan kelunturan warna pakaian lain. 

Selain karena kelunturan warna, pudarnya warna putih pakaian juga disebabkan oleh deterjen dan sisa pelembut yang tertinggal di kain, partikel polusi udara, maupun minyak tubuh dan noda dari makanan dan minuman.

Walau masalah ini bisa diatasi menggunakan pemutih pakaian, namun pemakaian yang terlalu sering dapat merusak serat kain. 

Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan warna putih pakaian tanpa pemutih. 

Baca juga: 8 Fakta Tentang Pemutih Pakaian

1. Cuka putih

Cara memutihkan pakaian bisa dilakukan dengan menambahkan satu cangkir cuka putih yang sudah disuling ke 3,7 liter air panas. Rendamlah pakaian putih dan biarkan cuka putih meresap semalaman, lalu cuci seperti biasa.

Menambahkan satu cangkir cuka putih pada proses pembilasan saat mencuci pakaian putih atau kain berwarna akan membantu menghilangkan residu deterjen agar tidak terlihat kusam.

2. Lemon

Asam sitrat dalam lemon dapat memutihkan kain, terutama untuk serat kapas, linen, dan poliester. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir air lemon (sekitar empat lemon) ke 3,7 liter air panas.

Selanjutnya, campuran bahan tadi, tuangkan ke cucian putih, dan biarkan meresap setidaknya selama satu jam atau hingga semalaman untuk memutihkan. Setelahnya, kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.

Baca juga: Cara Mudah Jaga Baju Putih Tetap Bersih Tanpa Noda di Ketiak

3. Soda kue

Aduk satu cangkir soda kue ke dalam rebusan 3,7 liter air mendidih, lalu angkat dari kompor, campurkan ke pakaian putih yang kotor, dan biarkan terendam setidaknya selama satu jam atau semalam. Jika sudah, pakaian bisa dicuci.

Natrium bikarbonat akan membantu mengurai kotoran pada pakaian katun yang membuatnya kusam.

Halaman:
Sumber realsimple


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.