Kompas.com - 26/11/2021, 07:45 WIB
ilustrasi cokelat truffle. SHUTTERSTOCK/Billion Photosilustrasi cokelat truffle.

KOMPAS.com - Cokelat menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam varian hidangan.

Cokelat dapat disajikan dalam bentuk cemilan, minuman, kue, puding, hingga campuran kuah ramen seperti yang pernah viral beberapa tahun yang lalu.

Meski punya cita rasa dan aroma yang menggoda, rasa cokelat akan makin nikmat jika kita tau cara menyimpannya dengan benar.

Untuk kamu yang masih bingung cara menyimpan cokelat agar tidak mudah meleleh, tips berikut ini sebaiknya kamu catat.

Baca juga: Bedanya Cokelat Hitam, Cokelat Susu, dan Cokelat Putih

Perhatikan suhu di tempat penyimpanan cokelat

Meski banyak orang sudah mengetahui jika cokelat bisa meleleh pada suhu panas, masih ada saja orang yang tidak mengindahkan hal ini.

Pendiri dan kepala pembuat cokelat Kokak Chocolates di San Francisco, California, Carol Gancia, mengatakan sebaiknya cokelat disimpan pada suhu kamar dalam keadaan terbungkus dan jauh dari panas maupun air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, perhatikan tingkat kelembapan di dalam lemari es jika menyimpan cokelat di sana. Menyimpan cokelat di lemari es akan menyebabkan kelembapan pada batang cokelat. Hal ini bisa membuat gula keluar dan ketika menguap, kristal gula putih akan naik ke permukaan batang cokelat.

"Meskipun aman untuk makan cokelat dengan gula mekar, jauh lebih menyenangkan untuk menikmati potongan cokelat yang yang indah dan berkilau," ujar Gancia.

Baca juga: Resep Kue Ulang Tahun Cokelat, Bahannya Ada di Minimarket

Sebaliknya, menurut Kjartan Gíslason, koki dan salah satu pendiri Omnom Chocolate, jika tetap menyimpan cokelat di lemari es karena suhu di rumah cukup panas, maka keluarkan cokelat dari sana dan biarkan di dalam ruangan setidaknya selama 30 menit saat akan dimakan agar tidak terlalu sulit digigit.

Bungkus cokelat

Cokelat menyerap aroma dengan mudah, jadi sebaiknya kamu tetap membungkusnya, bahkan ketika selesai memakan beberapa potong cokelat.

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan dan antiradang yang bisa menurunkan kolesterol dan melindungi kulit.Unsplash/Tamas Pap Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan dan antiradang yang bisa menurunkan kolesterol dan melindungi kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.