Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2021, 13:02 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi Jessie J mendapatkan dukungan dari netizen setelah mengaku telah mengalami keguguran.

Pengakuan tersebut disampaikannya lewat unggahan di akun Instagram miliknya, @jessiej. Pelantun Flashlight itu mengunggah potret dirinya dengan hasil tes kehamilan dan sebuah kutipan bijak yang diambil dari buku.

Ia mengatakan selama ini merahasiakan kehamilannya dari publik dan merasa bersemangat dengan kondisinya tersebut. Namun tak disangka, ia harus mengalami musibah ketika janin yang dikandungnya dinyatakan tidak bertahan.

"Pada kemarin sore saya takut memikirkan untuk melakukan konser tanpa merasa sedih...Setelah menjalani pemindaian ke-3 dan diberi tahu bahwa tidak ada lagi detak jantung,." ujarnya lewat caption.

Ia mengaku masih terus merasa sedih dan kesepian atas kehilangan yang dialaminya ini. Namun penyanyi asal Inggris ini bertekad untuk melaluinya dengan berbagi kepada followers-nya di Instagram.

Baca juga: Jessie J Ungkap Kesedihannya Alami Keguguran

Wanita berusia 33 tahun ini juga mencoba untuk move on dengan tetap bernyanyi di konsernya yang telah dijadwalkan di Los Angeles, AS. Menurutnya, tampil di atas panggung akan membantunya menyalurkan emosi dan kesedihan yang dirasakannya.

"Ini adalah perasaan paling kesepian di dunia," tambahnya.

Pengakuannya ini menuai sejumlah dukungan dari warganet termasuk sejumlah koleganya sesama selebritas. Banyak yang menyampaikan simpati sekaligus memberikan semangat agar mantan kekasih Channing Tatum itu bisa melalui masa berdukanya.

Jalani kehamilan mandiri agar bisa punya anak

Dalam unggahan tersebut, Jessie J juga mengaku menjalani kehamilan mandiri demi mendapatkan keturunan. Tak jelas metode apa yang ia jalani namun ia rela melakukannya demi bisa memiliki anak.

"..Saya memutuskan untuk memiliki bayi sendiri. Karena hanya itu yang saya inginkan dan hidup ini singkat. Untuk hamil adalah keajaiban tersendiri dan pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan dan saya tahu akan saya miliki lagi.."

Pasca hubungannya dengan Channing Tatum kandas, Jessie J memang belum pernah lagi bicara soal kehidupan pribadinya. Namun ia kerap menyatakan keinginnya untuk punya anak sekaligus mengungkapkan kondisi kesehatannya yang membuatnya sulit hamil.

Baca juga: Kepergok Bersama, Channing Tatum dan Jessie J Balikan?

Dalam wawancara dengan BBC tahun 2019 lalu, peraih BRIT Awards ini mengakui mengalami masalah kesuburan.

Ia didiagnosis menderita adenomiosis lima tahun sebelumnya sehingga sulit untuk bisa hamil secara alami.

Adenomyosis adalah tempat jaringan yang biasanya melapisi rahim mulai tumbuh di dalam dinding otot rahim. Penyakit ini memicu terjadinya peningkatan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Namun penyanyi berambut hitam ini menolak tawaran histerektomi yang merupakan tindakan pembedahan untuk mengangkat rahim. Ia kemudian memilih mengubah pola makan dan gaya hidupnya untuk meningkatkan kemungkinan hamil dan punya anak.

"Saya diberitahu bahwa saya tidak dapat memiliki anak, tetapi saya tidak percaya. Saya percaya pada keajaiban. Saya belum menyerah."

Keyakinannya inilah yang membuatnya akhirnya menjalani kehamilan mandiri meskipun harus berakhir kurang baik.

Baca juga: Benarkah Hormon Tak Seimbang Sebabkan Susah Hamil?

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com