Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2021, 13:15 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi salah satu alternatif untuk mempercantik interior rumah. Keberadaan tanaman hias di dalam rumah juga menambah kesan asri dan hijau.

Meski begitu, tanaman hias di dalam rumah juga perlu diperhatikan dan dirawat. Salah satu caranya adalah dengan memastikan tanaman hias mendapat pancaran sinar matahari yang cukup.

"Tanaman butuh cahaya untuk melakukan fotosintesis dan tumbuh," kata ahli hortikultura di Rise Gardensz Angelo Kelvakis.

Sinar matahari yang cukup akan membuat pertumbuhan tanaman ideal. Karena itu sebelum meletakkan tanaman, cek bagian rumah yang cukup terkena sinar matahari, baik secara langsung atau tidak.

Berikut ini adalah cara menempatkan tanaman hias secara tepat agar mendapatkan pancaran sinar matahari di dalam rumah.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Indoor yang Bisa Tumbuh Tinggi

Jenis pencahayaan

Co-founder Plant Proper, Matt Aulton, mengatakan saat menanam tanaman hias di rumah, sebaiknya penghuni rumah mengetahui asal usul tanaman dan menciptakan media tanam yang semirip mungkin. Hal ini meliputi air hingga pencahayaan.

Ada empat kondisi pencahayaan yang berbeda, yaitu cahaya langsung terang atau matahari penuh, cahaya tidak langsung terang, cahaya tidak langsung sedang, dan cahaya tidak langsung rendah.

Tanaman hias yang membutuhkan cahaya terang harus menerima sinar matahari penuh selama empat jam atau lebih sepanjang hari.

Sedangkan, untuk tanaman yang perlu cahaya tidak langsung, sebaiknya di antara tanaman dan sinar matahari diberi pembatas.

"Ini bisa berupa tirai tipis atau sesuatu yang sederhana seperti tirai jendela," kata Aulton.

Baca juga: 9 Pilihan Tanaman yang Bisa Tumbuh di Cahaya Redup

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan bernuansa retro. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan bernuansa retro.

Tentukan tingkat cahaya

Ada cara untuk menentukan apakah cahaya yang masuk ke rumah terang atau gelap. Pertama cek menggunakan tangan, apakah bayangan yang ditimbulkannya ketika ditempatkan di depan cahaya.

Bayangan yang sangat gelap berarti Anda memiliki cahaya yang terang. Saat bayangan menjadi lebih redup, kondisi pencahayaan menjadi lebih rendah dan lebih rendah.

"Variabel lain yang perlu dipertimbangkan adalah durasi cahaya di area rumah itu. Apakah ada sepanjang hari atau hanya masuk selama beberapa jam? Ini dapat berperan dalam membedakan kondisi pencahayaan," tambah Aulton.

Baca juga: Simak, 6 Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Posisi jendela

Posisi jendela juga bisa memengaruhi seberapa banyak cahaya yang diterima tanaman hias di dalam rumah.

"Jendela yang menghadap ke timur dan barat biasanya mendapatkan sinar matahari sedang, karena mereka menerima cahaya yang cukup selama beberapa jam dan kemudian pencahayaan sekitar untuk sisa hari itu."

Selain jendela, Aulton menambahkan bahwa seberapa banyak cahaya yang masuk juga dipengaruhi oleh pohon dan benda-benda di sekitarnya.

"Setiap rumah adalah unik dan akan memiliki kondisi pencahayaan berdasarkan lingkungannya, tetapi penting untuk menemukan tempat untuk tanaman Anda yang berhubungan dengan kondisi pencahayaan yang akan diterimanya di habitat aslinya," pungkas Aulton.

Baca juga: Cara Buat Sirih Gading Jadi Tanaman Hias yang Indah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com