Kompas.com - 26/11/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi tanaman hias di rumah. SHUTTERSTOCK/Photographee.euIlustrasi tanaman hias di rumah.

KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi salah satu alternatif untuk mempercantik interior rumah. Keberadaan tanaman hias di dalam rumah juga menambah kesan asri dan hijau.

Meski begitu, tanaman hias di dalam rumah juga perlu diperhatikan dan dirawat. Salah satu caranya adalah dengan memastikan tanaman hias mendapat pancaran sinar matahari yang cukup.

"Tanaman butuh cahaya untuk melakukan fotosintesis dan tumbuh," kata ahli hortikultura di Rise Gardensz Angelo Kelvakis.

Sinar matahari yang cukup akan membuat pertumbuhan tanaman ideal. Karena itu sebelum meletakkan tanaman, cek bagian rumah yang cukup terkena sinar matahari, baik secara langsung atau tidak.

Berikut ini adalah cara menempatkan tanaman hias secara tepat agar mendapatkan pancaran sinar matahari di dalam rumah.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Indoor yang Bisa Tumbuh Tinggi

Jenis pencahayaan

Co-founder Plant Proper, Matt Aulton, mengatakan saat menanam tanaman hias di rumah, sebaiknya penghuni rumah mengetahui asal usul tanaman dan menciptakan media tanam yang semirip mungkin. Hal ini meliputi air hingga pencahayaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada empat kondisi pencahayaan yang berbeda, yaitu cahaya langsung terang atau matahari penuh, cahaya tidak langsung terang, cahaya tidak langsung sedang, dan cahaya tidak langsung rendah.

Tanaman hias yang membutuhkan cahaya terang harus menerima sinar matahari penuh selama empat jam atau lebih sepanjang hari.

Sedangkan, untuk tanaman yang perlu cahaya tidak langsung, sebaiknya di antara tanaman dan sinar matahari diberi pembatas.

"Ini bisa berupa tirai tipis atau sesuatu yang sederhana seperti tirai jendela," kata Aulton.

Baca juga: 9 Pilihan Tanaman yang Bisa Tumbuh di Cahaya Redup

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan bernuansa retro. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan bernuansa retro.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.