Kompas.com - 26/11/2021, 16:11 WIB
Penyanyi Jessie J alami keguguran. Getty ImagesPenyanyi Jessie J alami keguguran.

KOMPAS.com - Jessie J mengaku baru mengalami keguguran setelah menjalani kehamilan mandiri.

Tak jelas apa metode yang dipilihnya namun cara itu sukses membuatnya hamil, seperti keinginannya selama ini.

Ia memilih opsi tersebut setelah didiagnosis dokter menderita masalah kesuburan. Penyanyi Inggris ini mengidap adenomiosis sehingga sulit untuk hamil secara alami.

Penyakit ini membuatnya rentan mengalami keguguran dan kelahiran prematur akibat adanya jaringan yang tumbuh di dinding otor rahim.

"Saya diberitahu bahwa saya tidak dapat memiliki anak, tetapi saya tidak percaya. Saya percaya pada keajaiban. Saya belum menyerah," ujarnya beberapa tahun lalu.

Teknologi kedokteran saat ini memungkinkannya mewujudkan keinginan tersebut. Mantan kekasih Channing Tatum ini akhirnya menjalani kehamilan mandiri meskipun janinnya tidak bertahan.

Baca juga: Jalani Kehamilan Mandiri, Jessie J Alami Keguguran

Kehamilan mandiri, tak perlu berhubungan intim

Ilustrasi kehamilanshutterstock Ilustrasi kehamilan

Banyak wanita memiliki impian terpendam untuk hamil dan memiliki buah hati. Sayangnya, keinginan ini harus tertunda karena tak juga menemukan pasangan yang cocok atau disebabkan masalah kesehatan.

Kini, kemajuan dalam dunia kesehatan membuat kehamilan bisa terjadi tanpa berhubungan intim. Pembuahan tetap bisa dilakukan dengan beberapa metode buatan, tanpa harus melibatkan pria atau aktivitas seksual.

Kehamilan mandiri alias hamil tanpa pria memang belum awam dilakukan di Indonesia namun cukup diminati di Amerika Serikat. Cara ini lebih disukai umumnya oleh pasangan sesama jenis atau wanita yang tidak memiliki suami.

Baca juga: Pria Ini Tawarkan Donor Sperma dengan Hubungan Seks atau Inseminasi Buatan untuk Miliki Anak Banyak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.