Kompas.com - 27/11/2021, 10:16 WIB

KOMPAS.com - Memasuki era new normal, hand sanitizer bisa dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan utama masyarakat dan tak pernah ketinggalan untuk dibawa ke mana pun.

Penggunaan hand sanitizer adalah kebiasaan baru dalam menjaga kebersihan sekaligus mencegah paparan virus corona.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr Zullies Ikawati, Apt, menyebut hand sanitizer adalah produk alternatif untuk membersihkan tangan apabila kita tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Agar efektif mencegah infeksi Covid-19, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen untuk menonaktifkan mikroba seperti virus dan bakteri," katanya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Namun, menurutnya kita harus waspada akan kandungan alkohol pada hand sanitizer.

Baca juga: Perlu Tahu, Masa Kedaluwarsa Disinfektan hingga Hand Sanitizer

Klarens Hand SanitizerDok Klarens Klarens Hand Sanitizer
"Hindari produk yang mengandung metanol atau alkohol kayu, karena senyawa ini biasanya digunakan untuk pelarut cat, sehingga bersifat iritatif terhadap kulit dan beracun," imbuh dia.

Zullies menganjurkan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen etanol. Selain efektif melumpuhkan virus, senyawa etanol relatif lebih aman ketika terserap kulit.

Sensasi aromaterapi

Melihat pentingnya hand sanitizer di masyarakat, penyedia produk pembersih tangan Klarens meluncurkan dua produk baru untuk menjaga kebersihan dan kelembutan tangan.

Kedua produk, Klarens Anti Bacterial Sprist dan Klarens Home Bacterial Spray memiliki sensasi aromaterapi yang akan membuat pemakainya rileks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.