Kompas.com - 27/11/2021, 12:08 WIB

KOMPAS.com – Tak bisa dimungkiri bahwa kopi dan teh merupakan minuman paling digemari di seluruh dunia. Meski begitu, dua minuman ini kerap menyisakan PR karena meninggalkan noda yang sulit hilang di gelas yang habis dipakai.

Perlu diketahui, kopi dan teh sama-sama mengandung tanin. Dilansir dari Vine Pair oleh Kompas.com pada Jumat (26/11/2021), tanin adalah senyawa alami yang ada di dalam kulit, biji dan batang anggur, kopi, dan teh.

Tanin memiliki nama ilmiah polifenol yang dapat menimbulkan rasa pahit pada kopi dan teh saat diminum. Kandungan ini akan meninggalkan noda yang sulit hilang, apalagi jika sudah mengering di dinding gelas dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi pada Berbagai Benda

Tips menghilangkan noda kopi dan teh sat mencuci gelas

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat gelas tetap putih bersih walau habis digunakan untuk meminum kopi dan teh, berikut cara-cara yang bisa disimak.

1. Rendam dengan sabun

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sabun cuci piring diformulasikan untuk mengangkat noda. Sehingga, hal ini bisa menjadi langkah pertama menghilangkan noda kopi dan teh di gelas.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah menyemprotkan sabun cuci piring ke gelas, tambahkan air hangat sampai menutupi noda.

Kemudian diamkan gelas selama beberapa menit –akan lebih lama jika noda sudah menempel- dan biarkan sabun cuci piring menembus noda. Setelah sabun cuci piring bekerja, gosok noda dengan spons, dan bilas gelas.

Sedangkan, jika kamu ingin menghilangkan noda kopi dari cangkir atau gelas yang bagian dalamnya terbuat dari stainless steel, gunakan spons yang lembut, sebab scrubber abrasif dapat menggores permukaan.

Sementara itu, bahan gelas dari keramik dapat dibersihkan dari noda kopi dan teh hanya menggosoknya dengan spons, tetapi gosok dengan perlahan.

Baca juga: 3 Bahan yang Dapat Membersihkan Noda Teh pada Gelas

2. Gosok dengan soda kue

Jika sabun tidak berhasil, kamu bisa menambahkan soda kue. Taburkan sekitar satu sendok teh soda kue pada noda dan tambahkan sedikit air agar tercampur. Kemudian, gosoklah noda dengan spons basah yang lembut.

Sifat soda kue yang lembut dan abrasif membantu mengangkat noda kopi atau teh dari permukaan gelas. Setelah kamu selesai menggosoknya, bilaslah gelas untuk menghilangkan sisa soda kue.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BHG.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.