Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 12:08 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BHG.com

KOMPAS.com – Tak bisa dimungkiri bahwa kopi dan teh merupakan minuman paling digemari di seluruh dunia. Meski begitu, dua minuman ini kerap menyisakan PR karena meninggalkan noda yang sulit hilang di gelas yang habis dipakai.

Perlu diketahui, kopi dan teh sama-sama mengandung tanin. Dilansir dari Vine Pair oleh Kompas.com pada Jumat (26/11/2021), tanin adalah senyawa alami yang ada di dalam kulit, biji dan batang anggur, kopi, dan teh.

Tanin memiliki nama ilmiah polifenol yang dapat menimbulkan rasa pahit pada kopi dan teh saat diminum. Kandungan ini akan meninggalkan noda yang sulit hilang, apalagi jika sudah mengering di dinding gelas dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi pada Berbagai Benda

Tips menghilangkan noda kopi dan teh sat mencuci gelas

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat gelas tetap putih bersih walau habis digunakan untuk meminum kopi dan teh, berikut cara-cara yang bisa disimak.

1. Rendam dengan sabun

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sabun cuci piring diformulasikan untuk mengangkat noda. Sehingga, hal ini bisa menjadi langkah pertama menghilangkan noda kopi dan teh di gelas.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah menyemprotkan sabun cuci piring ke gelas, tambahkan air hangat sampai menutupi noda.

Kemudian diamkan gelas selama beberapa menit –akan lebih lama jika noda sudah menempel- dan biarkan sabun cuci piring menembus noda. Setelah sabun cuci piring bekerja, gosok noda dengan spons, dan bilas gelas.

Sedangkan, jika kamu ingin menghilangkan noda kopi dari cangkir atau gelas yang bagian dalamnya terbuat dari stainless steel, gunakan spons yang lembut, sebab scrubber abrasif dapat menggores permukaan.

Sementara itu, bahan gelas dari keramik dapat dibersihkan dari noda kopi dan teh hanya menggosoknya dengan spons, tetapi gosok dengan perlahan.

Baca juga: 3 Bahan yang Dapat Membersihkan Noda Teh pada Gelas

2. Gosok dengan soda kue

Jika sabun tidak berhasil, kamu bisa menambahkan soda kue. Taburkan sekitar satu sendok teh soda kue pada noda dan tambahkan sedikit air agar tercampur. Kemudian, gosoklah noda dengan spons basah yang lembut.

Sifat soda kue yang lembut dan abrasif membantu mengangkat noda kopi atau teh dari permukaan gelas. Setelah kamu selesai menggosoknya, bilaslah gelas untuk menghilangkan sisa soda kue.

3. Gunakan cuka

Cuka adalah salah satu bahan pembersih penting lainnya yang sudah terbukti keampuhannya. Agar noda kopi dan teh hilang, isi cangkir dengan setengah cuka lalu isi hingga penuh dengan tambahan air yang sangat panas.

Kamu bisa membiarkan campuran ini di dalam gelas setidaknya selama sepuluh menit untuk memberi waktu cuka bekerja. Setelah itu, gosoklah noda menggunakan sabun cuci piring dan spons lembut, lalu bilas.

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka, Apa Saja?

Cara membersihkan noda kopi di termos

Ada pun, termos yang bagian dalamnya dibuat dari bahan stainless steel sering dibawa orang untuk menyimpan kopi agar tetap hangat.

Karena termos kerap kali digunakan secara berulang kali tanpa dicuci, menyebabkan sisa kopi di dalamnya mengendap dan mengering sehingga menimbulkan noda yang sulit hilang.

Cara membersihkannya sama, yaitu gunakan sabun cuci piring, baking soda, atau cuka, lalu rendam dengan air hangat sebelum dicuci. 

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan pembersih gigi palsu. Karena bahan ini bisa menjaga gigi palsu tetap bersih, maka pembersih gigi palsu juga bisa membersihkan cangkir dan gelas.

Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan dan pastikan air yang ditambahkan takarannya cukup untuk menutupi noda kopi atau teh sepenuhnya. Setelah tablet bereaksi, bilas dan cuci cangkir dengan sabun cuci piring.

Yang terakhir, kamu harus ingat bahwa noda kopi dan teh yang tertinggal di gelas, cangkir, atau termos disebabkan karena proses mencuci yang tidak benar.

Segera bilas gelas, cangkir, dan termos setelah digunakan untuk ngopi atau ngeteh. Tujuannya, agar tidak ada sisa yang tertinggal yang bisa menimbulkan noda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kopi dan Teh dari Mug Kesayangan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BHG.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com