Kompas.com - 27/11/2021, 13:29 WIB
Ilustrasi kesepian ChalabalaIlustrasi kesepian

KOMPAS.com – Rasanya tak ada orang yang tak pernah merasakan kesedihan. Namun, rasa kesedihan yang dalam saat ini sering dianggap sebagai depresi. Faktanya sedih merupakan salah satu bagian dari depresi. Padahal, keduanya berbeda.

Kesedihan akan muncul sebagai reaksi normal ketika seseorang mengalami stres berlebihan. Setelah stres hilang, biasanya perasaan sedih juga akan hilang dengan sendirinya.

Sementara itu, depresi sudah masuk dalam gangguan kesehatan mental, dengan kesedihan yang berlangsung jangka panjang dan dapat mengancam kesehatan psikis dan fisik.

Jika depresi tidak diobati, sangat kecil kemungkinannya bisa sembuh sendiri.

Nah untuk itu, kita perlu memahami betul perbedaan antara kesedihan dan depresi agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Eksperimen Lubang Keputusasaan: Buktikan Kesepian Sebabkan Depresi

Melansir Medical News Today, berikut perbedaan dan opsi pengobatan bagi penderita depresi.

Perbedaan kesedihan dan depresi

Kesedihan

Kesedihan adalah emosi manusia yang normal yang akan dialami setiap orang pada saat-saat stres atau sedih.

Memang, sejumlah peristiwa kehidupan dapat membuat orang merasa sedih atau tidak bahagia, misalnya saja ketidakhadiran orang yang dicintai, perceraian, kehilangan pekerjaan,  masalah keuangan, serta masalah di rumah, yang semuanya dapat memengaruhi suasana hati secara negatif.

Namun, seseorang yang mengalami kesedihan biasanya dapat menemukan kelegaan dari menangis, melampiaskan, atau mengungkapkan rasa frustrasi. Lebih sering daripada tidak, kesedihan berkaitan dengan pemicu tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.