Kompas.com - 27/11/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Makanan pedas memang sangat menggugah selera bagi banyak orang dan kerap dirindukan.

Tak lengkap rasanya makan tanpa kehadiran cabai yang diolah menjadi sambal atau rempah di dalam makanan tersebut. Banyak orang bahkan lebih rela makan tanpa lauk dibandingkan kehilangan sensasi pedas.

Kebiasaan ini khususnya berlaku di masyarakat Indonesia yang memang menggilai banyak menu makanan pedas seperti ayam geprek dan rendang.

Bagi sejumlah orang, selera pada makanan pedas mungkin bisa menjadi hal yang mengherankan. Makanan pedas dianggap menyiksa mulut dan lidah, sekaligus berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca juga: Apakah Makanan Pedas Buruk untuk Pencernaan?

Namun, fenomena kecintaan pada makanan pedas ini kerap kita dijumpai pada banyak orang.

Makanan pedas juga bisa dijadikan alternatif menu sehat

Cabai adalah bahan utama untuk memasak menu makanan pedas. Rempah ini amat disukai karena dapat meningkatkan kenikmatan dan selera makan.

Selain rasanya, cabai juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan. Cabai mengandung protein, serat, zat besi maupun vitamin C.

Oleh sebab itu, makanan yang dimasak dengan cabai sebenarnya bisa sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan. Sayangnya, kebanyakan makanan pedas diolah dengan bahan pangan dan cara yang kurang sehat.

Hal ini yang membuat kebiasaan makan pedas akhirnya menjadi kurang sehat dan bermanfaat untuk tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah menu makanan pedas menjadi asupan sehat tanpa mengorbankan rasa atau kualitasnya. Seperti apa?

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Tanam Cabai di Rumah

Halaman:
Sumber realsimple


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.