Kompas.com - 29/11/2021, 10:56 WIB
Ilustrasi orangtua mengawasi anak bermain saat menggunaka internet. iStock/MesquitaFMSIlustrasi orangtua mengawasi anak bermain saat menggunaka internet.

KOMPAS.com - Gagal saat melakukan sesuatu, lalu bangkit, dan akhirnya sukses, adalah proses yang normal dalam kehidupan dan dialami hampir semua orang. 

Namun faktanya, banyak orangtua sering kali menginginkan yang terbaik untuk anak-anak, sehingga mereka tidak membiarkan anak-anak mengalami kegagalan.

Sebaliknya, sikap terlalu melindungi itu membuat anak tidak pernah menghadapi kesulitan. Efeknya,  anak gagal mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, serta tidak mengakui kegagalan sebagai pengalaman belajar.

Karena itu, anak-anak harus mampu mengalami kegagalan untuk menjadi pribadi yang tangguh dan dapat mencapai kesuksesan dengan cara yang tepat.

Selain mencapai kesuksesan, berikut ini juga terdapat beberapa alasan lain mengapa anak-anak harus mengalami kegagalan, seperti yang dilansir dari laman Moms.

Baca juga: Trik Mudah Bantu Anak Belajar Bersepeda

1. Membantu anak menjadi pendukungnya sendiri

Ketika orangtua tak membiarkan anak-anak mereka gagal, mereka juga mengambil kepercayaan diri anak yang diperoleh ketika berhasil mengatasi sebuah tantangan.

Menurut Fast Company, membiarkan anak-anak duduk dengan "ketidaknyamanan" untuk waktu yang singkat sebenarnya bermanfaat bagi mereka.

Dengan cara ini, mereka mulai menemukan solusi untuk masalah mereka, alih-alih mengandalkan orangtua untuk memperbaiki semuanya.

Anak-anak dapat memperjuangkan apa yang penting dan apa yang akan berguna bagi mereka seiring bertambahnya usia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.