Kompas.com - 29/11/2021, 13:04 WIB

KOMPAS.com – Vitamin K merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Vitamin ini bisa didapat dengan mengasup sayuran dan buah-buahan tertentu, seperti lobak, kubis, kangkung, sawi, anggur, alpukat, dan kiwi.

Selain mengonsumsi sayur dan buah-buahan, vitamin ini juga bisa didapat hanya dengan mengonsumsi suplemen vitamin K.

Meski punya sejumlah manfaat bagi tubuh, vitamin K lebih dikenal sebagai nutrisi untuk membantu pembekuan darah. Jika seseorang kekurangan vitamin K, dikhawatirkan ia mudah mengalami pendarahan karena darahnya sulit membeku.

“Vitamin ini diperlukan dalam sintesis beberapa protein darah yang berguna untuk pembekuan darah,” ujar Nijya Saffo, RD, seorang ahli diet bersertifikat dan pemilik NK Fitness and Nutrition.

Baca juga: 4 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Selain untuk pembekuan darah, vitamin K juga punya peran untuk mengaktivasi protein yang dibutuhkan dalam metabolisme dan pengisian jaringan tulang.

Sementara itu, ahli diet lainnya, Rayanne Nguyen, RD menyampaikan bahwa vitamin K adalah nama kolektif untuk keluarga senyawa. Ia menyebut ada sejumlah kategori berbeda dalam vitamin ini.

“Vitamin K1ditemukan dalam sayuran berdaun gelap dan minyak kedelai, dan juga vitamin K2 dan beberapa lainnya, yang dapat ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil dalam produk hewani. Makanan fermentasi juga mengandung vitamin K2,” terang Nguyen.

Sebagai vitamin yang dapat larut dalam lemak, vitamin K yang berasal dari makanan tampaknya akan diserap lebih baik ketika ada lemak atau minyak yang jenisnya sama. Jadi, ketika mengonsumsi sayuran hijau, akan lebih baik jika sedikit minyak dicampurkan untuk meningkatkan penyerapan.

Walau tubuh bisa memproduksi vitamin ini, tetapi jumlahnya kecil, sehingga perlu ditambah dengan asupan makanan. 

Baca juga: Hari Hemofilia Sedunia, Menilik Lagi Sejarah Penyakit Pembekuan Darah

Idealnya nilai harian untuk vitamin K adalah 90 mikrogram. Kekurangan vitamin K akan meningkatkan risiko gangguan saluran pencernaan, seperti penyakit celiac atau Crohn.

Halaman:
Sumber realsimple


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.