Kompas.com - 29/11/2021, 14:52 WIB
Ilustrasi kelelahan shutterstockIlustrasi kelelahan

KOMPAS.com – Pulang kerja atau setelah melakukan olahraga berat, wajar jika kita merasa lelah kehabisan tenaga. Namun, waspadai jika kamu sering merasa mudah lelah padahal hanya melakukan aktivitas ringan di rumah.

Gejala mudah lelah  bisa menjadi gejala bahwa kamu mengalami gangguan kesehatan tertentu atau sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome).

Meski terdengar sepele, kelelahan tak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab, tubuh yang mudah lelah akan membuat pekerjaan seseorang menjadi berantakan dan tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Lebih dari itu, bisa jadi ada penyakit yang mendasarinya. 

Baca juga: Waspada, Tanda-tanda Sindrom Kelelahan Kronis

1. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan zat gizi dan tidak menghasilkan cukup sel darah merah.

Padahal, sel darah merah diperlukan untuk memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh agar organ berfungsi dengan benar. Jika hal ini terjadi, bisa membuat seseorang merasa lelah.

2. Apnea tidur (sleep apnea)

Apnea tidur merupakan gangguan kesehatan yang membuat seseorang sering terbangun ketika malam hari. Hal ini disebabkan karena henti pernapasan sejenak, yang ditandai dengan suara mengorok.

Selain itu, apnea tidur juga menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, trmasuk membuat tubuh seseorang mudah lelah.

Kurang tidur atau tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan kelelahan atau kelelahan. Banyak orang kekurangan tidur kronis.

Baca juga: Anak Juga Bisa Alami Sleep Apnea, Kenali Gejalanya

3. Kehamilan

Perempuan yang tengah mengandung akan mudah lelah dari biasanya. Wajar saja, tubuh juga harus bekerja untuk mendukung janin yang sedang tumbuh. 

Selain itu, ibu hamil juga menghasilkan lebih banyak progesteron, hormon yang dapat membuatnya merasa mudah lelah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.