Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 08:19 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Remaja puri yang baru mengalami menstruasi kerap bingung karena tidak memiliki edukasi yang cukup mengenai organ reproduksi kewanitaannya. Perlu diketahui, pemahaman mengenai menstruasi tak cukup hanya dengan  memberi tahu cara memakai pembalut

Lebih dari itu, orangtua perlu mengomunikasikan beberapa hal. Misalnya, beri tahu mereka bahwa menstruasi adalah hal yang wajar dan menandakan bahwa mereka sudah menginjak fase pendewasaan. 

Jelaskan bahwa kebanyakan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama ketika berusia 10 hingga 15 tahun. Usia rata-rata adalah 12, tetapi setiap gadis memiliki jadwalnya sendiri, bahkan ada beberapa anak yang sudah mendapat menstruasi di usia 8 tahun.

Jadi, bila temannya belum mendapat haid dan dia sudah, keduanya normal dan ini bukan suatu hal yang memalukan. 

Baca juga: Perlunya Memberikan Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Selain itu, mereka perlu mengenal menstrual hygiene atau kebersihan diri saat menstruasi agar kesehatan dan kebersihan pada area kewanitaannya tetap terpelihara.

Jangan menganggap bahwa topik tersebut tabu. Terkadang, hal ini membuat sebagian remaja justru mencari tahu sendiri perihal tersebut, baik lewat teman-temannya maupun internet.

Perlu diketahui, idealnya, pengetahuan mengenai menstrual hygiene akan lebih baik jika diberikan oleh orangtua sebagai orang terdekat pertama anak. Bahkan, pengetahuan soal ini diealnya diberikan sebelum anak mengalami menstruasi pertama.

Saat menstruasi, bakteri dan jamur akan berkembang lebih banyak karena area vagina lebih lembap. Kondisi inilah yang bisa memicu berbagai masalah, dari yang ringan hingga berat, seperti gatal pada vagina, keputihan, nyeri saat buang air kecil, hingga infeksi pada vagina.

Baca juga: Usia Berapa Anak Mengalami Pubertas?

Berikut ini beberapa hal dasar terkait menstrual hygiene yang perlu dipahami remaja putri dan harus dikomunikasikan oleh orangtua.

1. Pilih pembalut yang berkualitas

Banyaknya merek pembalut memang sering bikin bingung saat akan membeli. Akan tetapi, utamakan memilih pembalut berdasarkan kenyamanan dan kebutuhan.

Hindari pembalut yang emngandung pewangi karena berisiko mengiritasi kulit. Jika memungkinkan, pilih produk berbahan organik, ya.

2. Ganti pembalut 3-4 jam sekali

Pembalut bukan hanya diganti saat selesai mandi saja, melainkan perlu diganti setiap 3-4 jam sekali. Rutin mengganti pembalut dapat mengurangi risiko infeksi bakteri dari darah haid yang menempel di area vagina.

3. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut

Hal ini sangat sederhana, tetapi sering dilupakan. Mencuci tangan berguna untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke vagina serta menghindari infeksi.

4. Rutin membersihkan vagina

Komunikasikan pada remaja putru bahwa mereka wajib membersihkan vagina saat selesai buang air kecil dan buang air besar. Pastikan cara membersihkannya dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus.

Baca juga: Catat Siklus Menstruasi Tiap Bulan, Ini Manfaatnya

5. Gunakan pembersih kewanitaan dengan bijak

Sebenarnya, boleh-boleh saja membersihkan vagina dengan sabun kewanitaan. Asalkan, hindari produk yang mengandung pewangi.

Untuk vaginal douching atau menyemprotkan sejenis cairan antiseptik ke organ intim, sebaiknya juga dihindari.

Sebagai informasi, vaginal douching justru dapat menghilangkan bakteri baik yang ada di vagina dan membuat bakteri jahat berkembang dengan pesat dalam organ intim.

6. Pakai celana dalam yang nyaman

Agar kulit sensitif pada area vagina dapat bernapas dan menghindari jamur, usahakan untuk selalu menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat. Hal ini dapat membantu vagina tetap kering dan tidak terlalu lembap.

7. Konsumsi makanan sehat

Pola makan yang sehat turut menjaga kesehatan vagina. Makanan-makanan yang dianggap baik untuk area kewanitaan adalah buah beri, ikan, dan yoghurt.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com