Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 08:28 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di tahun 2021 ini, nampaknya tak ada yang bisa mengalahkan acara TV sebagai fashion influencer terbaik. Lihat saja, acara-acara TV mampu membawa kembali kepopuleran beret, tracksuit bergaya retro, hingga korset.

Fenomena ini pun nampaknya akan terus berlanjut. Bahkan, mungkin dapat mengubah industri pemasaran dengan platform online baru, yang memungkinkan penonton secara langsung membeli pakaian yang terlihat di seri favoritnya.

Begitulah cara acara TV menguasai dunia fesyen.

Mempengaruhi pembelian sepanjang tahun 2021

Banyaknya platform streaming yang tersedia, ditambah lockdown akibat Covid-19 membuat banyak dari kita melahap serial TV, menontonnya dengan kecepatan tinggi, dan terkadang beralih dari satu seri ke seri lain dengan tema yang kontras, seperti dari "Squid Game" ke "Emily in Paris."

Baca juga: Brand Fesyen Milik Kim Kardashian Umumkan Kolaborasi dengan Fendi

Lalu, tak perlu waktu lama acara-acara serial favorit pun mulai memengaruhi kebiasaan belanja kita, terutama dalam bidang mode.

Lihat saja, sepanjang tahun 2021, berbagai serial terus memengaruhi penelusuran dan pembelian pakaian. Misalnya, jumpsuit merah, tracksuit retro, dan sneaker slip-on putih dari “Squid Game,” korset dari “Bridgerton,” mantel kotak-kotak dari “The Queen's Gambit,” Nike Air Jordan dari “Lupin,” dan tentu saja berbagai perlengkapan modis dari "Emily in Paris.”

Tanpa sadar, isi lemari pakaian kita pun mulai menyerupai karakter favorit kita dalam serial-serial itu.

Bahkan, ada beberapa gaya yang lahir berkat serial-serial ini, sebut saja tren seperti Regencycore, Royalcore, atau Cottagecore. Sebelumnya, hal seperti ini cukup jarang terjadi, meski serial seperti “Gossip Girl” dan “Sex and the City” sempat mempengaruhi dunia fesyen di masa lalu.

Baca juga: 8 Item Ikonik dari Serial Emily in Paris

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com