Kompas.com - 30/11/2021, 08:48 WIB

KOMPAS.com – Tersenyum memang memiliki banyak manfaat, mulai dari membuat orang lebih mudah membaca emosi kita, hingga membuat wajah terlihat ramah. Namun, jika gigi memiliki warna kekuningan dan tak lagi putih, rasanya jadi tak percaya diri.

Mengembalika warna putih gigi memang bisa dilakukan. Mulai dari di klinik dokter dengan cara veneer atau pun bleaching. Namun, harganya relatif mahal. 

Jangan berkecil hati, sebenarnya kita pun bisa menghilangkan noda cokelat atau hitam di gigi di rumah. Simak tips dari dokter gigi Anne Clemons, DMD, yang dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Efektif atau Bahaya?

Memutihkan gigi di rumah, bisakah?

Jawabannya, bisa. Namun, Clemons mengingatkan bahwa ada efek samping dari beberapa perawatan rumahan, misalnya sensitivitas atau iritasi gusi, meski kebanyakan efeknya hanya sementara.

Selain itu, kita perlu memahami noda atau perubahan warna seperti apa yang ada pada gigi kita. Pasalnya, sebagian besar produk rumahan akan mengobati noda ekstrinsik atau perubahan warna pada bagian luar gigi yang biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti red wine, teh, kopi, dan merokok.

Noda intrinsik ini sebenarnya terjadi akibat dari gigi itu sendiri yang berubah warna, baik email maupun dentin-nya

Perubahan warna ini juga bisa terjadi karena kelainan genetik atau obat-obatan yang mungkin kita konsumsi saat masih kecil.

Usia pun sangat berpengaruh karena penuaan dapat menyebabkan email atau permukaan luar gigi menjadi lebih tipis dan dentin, yang berada di bawahnya, berwarna kuning.

Baca juga: Kenali Kebiasaan yang Bikin Warna Gigi Menguning

Nah, jika ingin memutihkan gigi, berikut adalah beberapa perawatan rumahan yang populer.

Hidrogen peroksida

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.