Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 08:48 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tersenyum memang memiliki banyak manfaat, mulai dari membuat orang lebih mudah membaca emosi kita, hingga membuat wajah terlihat ramah. Namun, jika gigi memiliki warna kekuningan dan tak lagi putih, rasanya jadi tak percaya diri.

Mengembalika warna putih gigi memang bisa dilakukan. Mulai dari di klinik dokter dengan cara veneer atau pun bleaching. Namun, harganya relatif mahal. 

Jangan berkecil hati, sebenarnya kita pun bisa menghilangkan noda cokelat atau hitam di gigi di rumah. Simak tips dari dokter gigi Anne Clemons, DMD, yang dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Efektif atau Bahaya?

Memutihkan gigi di rumah, bisakah?

Jawabannya, bisa. Namun, Clemons mengingatkan bahwa ada efek samping dari beberapa perawatan rumahan, misalnya sensitivitas atau iritasi gusi, meski kebanyakan efeknya hanya sementara.

Selain itu, kita perlu memahami noda atau perubahan warna seperti apa yang ada pada gigi kita. Pasalnya, sebagian besar produk rumahan akan mengobati noda ekstrinsik atau perubahan warna pada bagian luar gigi yang biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti red wine, teh, kopi, dan merokok.

Noda intrinsik ini sebenarnya terjadi akibat dari gigi itu sendiri yang berubah warna, baik email maupun dentin-nya

Perubahan warna ini juga bisa terjadi karena kelainan genetik atau obat-obatan yang mungkin kita konsumsi saat masih kecil.

Usia pun sangat berpengaruh karena penuaan dapat menyebabkan email atau permukaan luar gigi menjadi lebih tipis dan dentin, yang berada di bawahnya, berwarna kuning.

Baca juga: Kenali Kebiasaan yang Bikin Warna Gigi Menguning

Nah, jika ingin memutihkan gigi, berikut adalah beberapa perawatan rumahan yang populer.

Hidrogen peroksida

Tak hanya dapat dilakukan di dokter gigi, bleaching menggunakan bahan kimia oksidatif untuk memecah molekul penyebab perubahan warna, nyatanya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan hidrogen peroksida, Kendati demikian, proses ini bisa menyebabkan sensitivitas gigi dan radang gusi.

Karena membantu tubuh kita menyerap kalsium, manfaat vitamin D juga termasuk mendukung kesehatan mulut, serta menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.FREEPIK Karena membantu tubuh kita menyerap kalsium, manfaat vitamin D juga termasuk mendukung kesehatan mulut, serta menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Hidrogen peroksida biasanya aman digunakan jika ditemukan dalam produk seperti obat kumur dan pasta gigi, tetapi perhatikan seberapa banyak yang digunakan.

“Konsentrasi bisa sangat bervariasi. Cari sesuatu yang diformulasikan khusus untuk penggunaan gigi agar persentasenya lebih terkontrol,” ujar Clemons.

Clemons juga tak menyarankan kita untuk menggunakan hidrogen peroksida murni di rumah. Namun, gunakanlah gel atau strip pemutih yang aman dan efektif. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan jangan gunakan lebih lama dari yang ditunjukkan.

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Gigi, Gampang Dipraktikkan

Baking soda

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com