Kompas.com - 30/11/2021, 12:53 WIB
Keratosis Pilaris adalah masalah kulit yang umum, sehingga banyak dokter kulit menganggapnya sebagai jenis kulit, alih-alih kondisi kesehatan kulit tertentu. Kulit kering adalah salah satu pemicunya. 
 PEXELS/ KRISTINA NORKeratosis Pilaris adalah masalah kulit yang umum, sehingga banyak dokter kulit menganggapnya sebagai jenis kulit, alih-alih kondisi kesehatan kulit tertentu. Kulit kering adalah salah satu pemicunya.

KOMPAS.com – Apakah kamu pernah menjumpai beberapa bintik kecil kemerahan di lengan bagian atas yang terasa gatal dan kering?

Jika iya, mungkin kamu mengalami kondisi yang disebut sebagai keratosis pilaris atau KP.

Kondisi ini sebenarnya tak bisa disembuhkan, meski bintik-bintik kemerahannya dapat diminimalisasi.

KP memengaruhi sekitar 40 persen orang dewasa, dan 50-80 persen remaja di dunia.

Demikian pandangan Ife Rodney, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Eternal Dermatology and Aesthetics di Fulton, Maryland, AS.

“Ini adalah masalah kulit yang umum, sehingga banyak dokter kulit menganggapnya sebagai jenis kulit, alih-alih kondisi kesehatan kulit tertentu,” ujar dia.

Baca juga: 11 Makanan untuk Meningkatkan Kadar Keratin dalam Tubuh

Bagi kebanyakan orang, KP kronis dengan kulit kering bergelombang paling sering muncul di lengan, meski dapat muncul di kaki dan punggung pula.

"Kabar baiknya KP tidak berbahaya atau mematikan, dan tidak akan menyebar ke bagian lain dari tubuh atau pun memengaruhi fungsi tubuh lainnya."

"Beberapa orang mungkin mengatakan, itu akibat dari kosmetik,” kata Rodney.

Rodney juga mengatakan, ada beberapa cara agar KP terlihat tidak terlalu merah dan bergelombang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.