Kompas.com - 30/11/2021, 14:59 WIB

KOMPAS.com - Belum genap dua tahun pascaditemukanya kasus pertama Covid-19 di akhir 2019 yang lalu di Wuhan, Tiongkok, dunia kini kembali dipusingkan dengan varian corona B.1.1.529 atau Omicron.

Varian ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan (Afsel) dan langsung membuat banyak negara kalang kabut karena dikhawatirkan menambah lonjakan kasus Covid-19 di wilayahnya.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO dalam keterangan resminya mengatakan, varian Omicron punya banyak mutasi jika dibandingkan dengan varian Covid-19 terdahulu.

Karena varian ini cukup membahayakan, WHO sampai mengkategorikan varian Omicron sebagai variant of concern (VoC) atau yang harus diwaspadai.

Sejak pertama kali diumumkan pada Kamis (25/11/2021) yang lalu, sudah ada beberapa negara yang mengonfirmasi varian Omicron masuk ke negaranya, seperti AS, Kanada, Arab Saudi, Australia, dan Inggris.

Baca juga: Ilmuwan Afrika Selatan Uji Efektivitas Vaksin Hadapi Varian Omicron

Agar varian Omicron tidak memperparah pandemi, WHO kemudian mengeluarkan sejumlah langkah perlindungan diri yang bisa dilakukan orang di seluruh dunia. Lalu, apa sajakah itu?

Cara menjaga diri agar tetap aman dan sehat

Setiap orang tetap diwajibkan memakai masker. Sebab, masker masih menjadi senjata terkuat melawan Covid-19.

WHO juga meminta tiap orang untuk selalu menjaga jarak sosial setidaknya satu meter dari orang-orang di sekitar mereka, menghindari area yang berventilasi udara buruk dan ramai, dan selalu membersihkan tangan sebanyak yang bisa dilakukan.

Tak kalah penting dari semua imbauan WHO tersebut adalah pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan segera.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.