Kompas.com - 01/12/2021, 08:59 WIB
Mengetahui tanda buah mangga matang mungkin sering dianggap sebagai hal yang mudah. Namun, sebagian orang masih sering keliru dalam mengenalinya. Unsplash/Kaysha fqe2qindz5Mengetahui tanda buah mangga matang mungkin sering dianggap sebagai hal yang mudah. Namun, sebagian orang masih sering keliru dalam mengenalinya.

KOMPAS.com - Mengetahui tanda buah mangga matang mungkin sering dianggap sebagai hal yang mudah. Namun, sebagian orang masih sering keliru dalam mengenalinya.

Buah tropis yang tersedia dalam berbagai varietas di Indonesia ini punya sejumlah manfaat kesehatan.

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian RI menyebutkan, beberapa manfaat buah mangga antara lain tinggi serat, sumber antioksidan yang baik, tinggi vitamin C, sumber kalium, dan tinggi kandungan air.

Baca juga: Manfaat Mangga, Lawan Kanker hingga Tingkatkan Libido

Tanda buah mangga matang

Setiap varietas buah mangga punya karakteristik masing-masing. Namun, secara umum, ada beberapa tanda buah mangga matang yang bisa kita perhatikan:

1. Tekstur

Cobalah memegangnya dan memencet buah mangga dengan lembut. Tanda buah mangga matang adalah dagingnya terasa sedikit lembut.SHUTTERSTOCK Cobalah memegangnya dan memencet buah mangga dengan lembut. Tanda buah mangga matang adalah dagingnya terasa sedikit lembut.

Tanda buah mangga matang salah satunya bisa diketahui dari tekstur buah.

Menurut PureWow, cobalah memegangnya dan memencetnya lembut. Tanda buah mangga matang adalah dagingnya terasa sedikit lembut.

Sementara jika daging buahnya masih terasa solid, artinya mangga belum matang dan siap dikonsumsi.

Jika belum mau langsung mengonsumsinya, kita bisa membeli buah mangga yang sedikit lembut dan mendiamkannya di dapur hingga teksturnya sedikit lebih lembut.

Namun, jika daging buahnya terlalu lembek, artinya buah mangga terlalu matang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.