Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2021, 09:38 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pasangan selebritas Nana Mirdad dan Andrew White dikenal memiliki gaya hidup yang sehat. Tidak hanya itu, pasangan ini juga selalu mengajarkan anak-anaknya pola makan yang sehat dan berkelanjutan.

Pasangan yang memutuskan menetap di Bali ini mengaku selalu mengajari kedua buah hatinya untuk tidak menyia-nyiakan makanan serta mengutamakan sayuran dan buah-buahan dalam porsi makan sehari-hari.

“Kita berusaha menerapkan pola makan berkelanjutan di rumah. Kita punya anak-anak dan mereka adalah generasi penerus kita. Dan, kita yang mendidik dan mengajari mereka dari sekarang,” ujar Nana dalam peluncuran kampanye MAKE IT LAST (Taste) Electrolux Indonesia, Selasa (30/11/2021).

Nana mengatakan, cara mengajarkan pola makan berkelanjutan bisa dilakukan dengan membiasakan anak-anak mengambil piring dan makanan sendiri.

Baca juga: Kurangi Sampah Makanan, Yuk Terapkan Pola Makan Berkelanjutan

Tujuannya, agar anak-anak belajar memilih makanan yang akan disantap, memahami seberapa banyak porsi makannya, dan bertanggung jawab untuk menghabiskan makanan yang diambil.

“Kita ibu-ibu sering naruh makanan ke piring anak dan minta buat dihabisin. Tapi, kalau mereka ambil sendiri dan mereka tidak menghabiskannya, anak-anak akan tahu this is my fault, kenapa kok tidak dihabiskan?” kata Nana.

Pola makan berkelanjutan disebut Nana juga sesuai dengan gaya hidup sehat yang dilakukan oleh suaminya sejak lama. Bahkan, untuk urusan memasak sayur di rumah, Andrew sendirilah yang menyajikannya kepada anak-anak.

“Setiap hari aku masak, harus ada sayur. Yang penting kita terapkan lifestyle ke anak-anak, harus ada sayuran apa pun harus dimakan,” kata Andrew.

“Setelah makan harus ada buah-buahan dan ini penting. Apalagi di Indonesia ini banyak sekali buah-buahan yang bisa dibeli di mana saja,” tambahnya.

Baca juga: Selalu Mesra, Nana Mirdad Mengaku Juga Pernah Bertengkar dengan Andrew White

Pasangan selebriti ini mengakui bahwa menerapkan pola makan berkelanjutan kepada anak-anak bukanlah yang mudah, meski tidak mustahil untuk dilakukan.

Menurut Andrew, anak-anak harus diajarkan makan sayuran dan buah-buahan sedikit demi sedikit setiap hari. Dengan demikian, kebiasaan makan sayuran dan buah-buahan akan menjadi gaya hidup anak ketika dewasa.

“Manfaatnya buat kita anak-anak sudah terbiasa mereka mencari buah dan sayur. Mereka tetap mencari nasi, tapi yang penting kami ajarkan pola hidup sehatnya itu,” kata Andrew.

Nana memberikan tips yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak-anaknya memiliki pola makan yang sehat dan berkelanjutan. Pertama adalah mencari komunitas untuk mendapatkan ilmu dan saling berbagi pengalaman.

"Saranku adalah jadikan ini sebagai habit. Nanti mereka (anak-anak) akan tahu kapan mereka harus mengisi perut dengan makanan yang bagus setelah memakan makanan yang kurang baik," pungkasnya.

Baca juga: 9 Manfaat Punya Kebun Sayur Organik, seperti Prilly Latuconsina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com