Kompas.com - 01/12/2021, 10:16 WIB
Ilustrasi ibu hamil. Shutterstock/KmpzzzIlustrasi ibu hamil.

KOMPAS.com - Ada banyak keluhan yang dialami perempuan selama hamil. Selain kram perut dan sembelit, rasa gatal di bagian kaki termasuk hal menyebalkan yang sering dialami.

Meski keluhan ini cukup mengganggu karena membuat perempuan hamil terus menggaruk, sebenarnya rasa gatal di kaki adalah hal yang biasa terjadi.

Ada sejumlah alasan mengapa kaki terasa gatal selama periode kehamilan, termasuk hormon, peningkatan keringat, dan psoriasis yang merupakan bercak bersisik di permukaan kulit yang membuat gatal dan kering.

Karena menimbulkan sensasi untuk terus menggaruk kaki, keluhan ini sebaiknya tetap ditangani dengan perawatan di rumah atau obat yang disetujui dokter.

Kaki gatal selama periode kehamilan juga bisa disebabkan oleh kolestasis yang memengaruhi kondisi hati selama masa akhir kehamilan. Hal ini membuat aliran empedu dari kantong empedu melambat dan berhenti. Namun kondisi ini relatif jarang.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Ruam atau Gatal di Area Selangkangan

Penyebab kaki gatal saat hamil

Dokter spesialis kesuburan dan ahli virus, Cindy M. Duke, MD, mengatakan bahwa perubahan hormon kehamilan adalah salah satu penyebab paling sering dari kaki gatal.

Perubahan hormon dapat memengaruhi ujung saraf dan membuatnya lebih sensitif dan lebih rentan terhadap rasa gatal.

Secara khusus, perempuan hamil yang menderita fibromyalgia atau kondisi lain yang berhubungan dengan saraf, kulitnya bisa lebih sensitif sehingga terasa gatal-gatal selama kehamilan.

Tidak hanya itu, kehamilan juga menyebabkan kulit meregang, sehingga kulit jadi sangat kering dan hilang kelembapan, yang keduanya dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Duke menambahkan, banyak perempuan hamil akan mendapati kondisi kaki mereka rata. Kondisi ini menyebabkan kaki menjadi lebih kering dan berkeringat, sehingga menimbulkan rasa gatal.

Baca juga: 9 Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.