Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Air Putih Bantu Mencerahkan Wajah, Benarkah?

Kompas.com - 01/12/2021, 14:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kita sering mendengar sejumlah selebritas dan figur publik, seperti Jennifer Lopez, Jennifer Aniston, Kendall Jenner, dan Beyonce, mengatakan mereka minum air putih untuk mencerahkan wajah.

Meskipun kita semua tahu air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, apakah efeknya juga bisa kita rasakan untuk kulit yang sehat?

Baca juga: Berapa Banyak Harus Minum Air Putih untuk Ginjal yang Sehat?

Minum air putih untuk mencerahkan kulit

Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Melansir Everyday Health, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 di Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan adanya hubungan antara hidrasi dan kesehatan kulit.

Para peneliti menemukan meningkatkan asupan air dapat memberi efek positif pada penampilan kulit dan membantu menjaga tingkat hidrasi kulit.

Meskipun, penelitian tersebut mencatat, jika tingkat hidrasi seseorang sudah baik, minum lebih banyak dari itu mungkin tidak akan memberi dampak tambahan terhadap kulit.

Selain itu, dokter kulit bersertifikasi dari New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan, minum cukup air dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan tubuh.

Sel dan jaringan tubuh sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, minum air putih dalam jumlah cukup membantu sel dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah Mohs dari Schweiger Dermatology Group di Hackensack, New Jersey, Margarita Lolis, MD mengatakan kepada Byrdie, minum air putih memang diperlukan untuk membantu organ tubuh berfungsi secara optimal, termasuk membantu nutrisi mencapai kulit melalui aliran darah.

Namun, air tidak secara otomatis masuk ke kulit. Air menghidrasi sel setelah diserap ke dalam aliran darah dan disaring oleh ginjal.

Jadi, pada tingkat sel, minum air putih sangat bagus karena dapat menyiram sistem dan menghidrasi tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Ketahui, Fakta tentang Diet Air Putih dan Risiko Kesehatannya

Daripada mengandalkan minum air putih untuk mencerahkan kulit, lebih baik mengombinasikannya dengan prakrik pola hidup sehat secara keseluruhan dan melakukan perawatan kulit, termasuk menggunakan produk secara topikal.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Daripada mengandalkan minum air putih untuk mencerahkan kulit, lebih baik mengombinasikannya dengan prakrik pola hidup sehat secara keseluruhan dan melakukan perawatan kulit, termasuk menggunakan produk secara topikal.

Daripada mengandalkan minum air putih untuk mencerahkan kulit, lebih baik mengombinasikannya dengan praktik pola hidup sehat secara keseluruhan dan melakukan perawatan kulit, termasuk menggunakan produk secara topikal.

Beberapa kebiasaan positif yang dapat dilakukan untuk mencerahkan kulit seperti rajin menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, menghindari mandi air panas terlalu sering, mengaplikasikan losion setiap setelah mandi, dan lainnya.

Lalu, berapa banyak harus minum agar cukul terhidrasi?

Untuk mendapatkan cairan yang cukup, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menyarankan konsumsi sekitar 13 gelas air untuk pria dan sembilan gelas air untuk wanita.

Minum jus buah segar tanpa pemanis tambahan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghidrasi kulit dari dalam sekaligus memberikan manfaat vitamin dan mineral dari buahnya.

Ulasan lebih lanjut mengenai cara mencerahkan kulit juga bisa dibaca melalui tautan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com