Kompas.com - 01/12/2021, 14:48 WIB
Sering mendengar sejumlah selebritas dan figur publik, seperti Jennifer Lopez, Jennifer Aniston, Kendall Jenner, dan Beyonce, mengatakan mereka minum air putih untuk mencerahkan wajah. SHUTTERSTOCKSering mendengar sejumlah selebritas dan figur publik, seperti Jennifer Lopez, Jennifer Aniston, Kendall Jenner, dan Beyonce, mengatakan mereka minum air putih untuk mencerahkan wajah.

KOMPAS.com - Kita sering mendengar sejumlah selebritas dan figur publik, seperti Jennifer Lopez, Jennifer Aniston, Kendall Jenner, dan Beyonce, mengatakan mereka minum air putih untuk mencerahkan wajah.

Meskipun kita semua tahu air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, apakah efeknya juga bisa kita rasakan untuk kulit yang sehat?

Baca juga: Berapa Banyak Harus Minum Air Putih untuk Ginjal yang Sehat?

Minum air putih untuk mencerahkan kulit

Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Melansir Everyday Health, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 di Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan adanya hubungan antara hidrasi dan kesehatan kulit.

Para peneliti menemukan meningkatkan asupan air dapat memberi efek positif pada penampilan kulit dan membantu menjaga tingkat hidrasi kulit.

Meskipun, penelitian tersebut mencatat, jika tingkat hidrasi seseorang sudah baik, minum lebih banyak dari itu mungkin tidak akan memberi dampak tambahan terhadap kulit.

Selain itu, dokter kulit bersertifikasi dari New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan, minum cukup air dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan tubuh.

Sel dan jaringan tubuh sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, minum air putih dalam jumlah cukup membantu sel dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah Mohs dari Schweiger Dermatology Group di Hackensack, New Jersey, Margarita Lolis, MD mengatakan kepada Byrdie, minum air putih memang diperlukan untuk membantu organ tubuh berfungsi secara optimal, termasuk membantu nutrisi mencapai kulit melalui aliran darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.