Kompas.com - 01/12/2021, 16:08 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS, HIV dan AIDS, perbedaan HIV dan AIDS Shutterstock/PENpics StudioIlustrasi HIV/AIDS, HIV dan AIDS, perbedaan HIV dan AIDS

KOMPAS.com - Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang mampu memecah sel-sel tertentu dalam sistem kekebalan tubuh dan membuat penderitanya rentan terserang penyakit.

Meski sudah banyak informasi yang dikampanyekan seputar HIV, masih saja ada orang yang malu untuk mengakui bahwa dirinya sudah terjangkit virus ini.

Lebih parahnya lagi, ia tidak mau membuka diri dan tidak mau memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kapan seharusnya ia mulai menjalani pengobatan HIV.

Meski hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan HIV, faktanya ada obat yang membantu penderita HIV tetap sehat dan menurunkan, bahkan menghentikan peluang penyebaran virus ke orang lain.

Baca juga: Kisah Magic Johnson, Legenda NBA yang Bertahan 30 Tahun dengan HIV

Waktu meminum obat HIV

Obat-obatan HIV yang disebut juga terapi antiretroviral atau ARV dianjurkan bagi semua penderita HIV. Obat ini harus mulai diminum sesegera mungkin setelah seseorang terdiagnosis HIV.

Tujuan utama pengobatan HIV adalah untuk mengurangi viral load atau jumlah virus ke tingkat yang tidak terdeteksi.

Ada pun, viral load dapat diketahui dengan tes untuk mengetahui jumlah virus dalam darah.

Jumlah virus yang tidak terdeteksi bukan berarti bersih dari virus, tetapi jumlahnya sangat sedikit sehingga sulit dideteksi oleh alat tes. 

Jika viral load tidak terdeteksi maka orang dengan HIV hidup lebih lama dan lebih sehat. 

Untuk mengurangi viral load, penderita HIV harus mulai minum obat HIV sesegera mungkin, terutama pada ibu hamil, menderita infeksi HIV dini dan juga AIDS.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Keberadaan Obat ARV Beri Harapan Hidup ODHA

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.