Kompas.com - 01/12/2021, 17:09 WIB
Saat memutuskan aplikasi mana yang sesuai untuk anak mereka, lebih dari 60 persen orangtua mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut memiliki kontrol PEXELS/ Ketut Subiyanto Saat memutuskan aplikasi mana yang sesuai untuk anak mereka, lebih dari 60 persen orangtua mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut memiliki kontrol

KOMPAS.com - Saat ini bukan hanya remaja saja yang gemar bermain media sosial (medsos) untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Anak-anak yang lebih kecil ternyata sudah banyak yang mulai menggunakannya.

Faktanya, sekitar setengah dari orangtua yang memiliki anak-anak berusia 10-12 tahun, dan 32 persen orangtua yang memiliki anak-anak berusia 7-9 tahun mengakuinya. 

Para orangtua tersebut mengaku anak mereka menggunakan aplikasi media sosial, dalam enam bulan pertama tahun ini.

Baca juga: 7 Tips Pakai Media Sosial untuk Datangkan Uang, Mau Coba?

Hal tersebut diketahui setelah C.S. Mott Children's Hospital National Poll melakukan jajak pendapat yang diterbitkan dalam Children's Health baru-baru ini.

"Masih ada perdebatan tentang seberapa cepat penggunaan aplikasi media sosial dan bagaimana orangtua harus mengawasinya."

Demikian penuturan Co-director Mott Poll dan peneliti di pediatri di University of Michigan, Sarah Clark.

"Jajak pendapat kami melihat seberapa sering remaja dan anak-anak kecil menggunakan platform media sosial, serta seberapa dekat orangtua memantau interaksi ini," sambung dia.

Sementara itu, Asisten Profesor Pediatri di University of Michigan C.S. Mott Children's Hospital, Jenny Radesky mengungkapkan juga ikut berpendapat.

Dia menilai, temuan ini sekaligus menjadi bukti anak-anak di bawah 13 tahun sangat ingin menggunakan platform media sosial untuk alasan apa pun — baik itu hiburan dan berkoneksi dengan teman.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.