Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2021, 14:56 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas sejumlah bintang Korea Selatan kini semakin meluas ke seluruh dunia.

Ketenaran tersebut sebagai dampak semakin banyaknya film, serial televisi, maupun musik asal negeri ginseng ini yang dinikmati masyarakat global.

Penggemar para superstar seperti Gong Yoo, Song Jong Ki, dan Lee Byun Hun kini tak hanya berasal dari Asia saja. Bermunculan banyak penggemar baru yang berasal dari Eropa, Amerika Serikat bahkan Amerika Selatan.

Namun fans baru ini mungkin terpaksa agak kecewa ketika mendapati idolanya tidak aktif di media sosial atau bahkan tidak memiliki akun sama sekali.

Perilaku ini memang tergolong tidak biasanya karena umumnya selebritas dunia selalu update di dunia maya. Bandingkan dengan bintang Hollywood seperti Kylie Jenner atau Britney Spears yang rutin mengunggah kesehariannya di medsos.

Namun para bintang Asia Timur memang tergolong lebih jarang berpartisipasi di media sosial. Jika memang ada, biasanya sifatnya pribadi, terkunci, dan dirahasiakan keberadaannya dari publik.

Ada juga yang akhirnya memiliki akun Instagram seperti Gong Yoo dan Song Jong Ki namun kontennya terbatas atau dioperasikan oleh agensinya.

Baca juga: Dalam Sehari, Gong Yoo Raih 1,5 Juta Followers Instagram

Alasan bintang Korea Selatan jarang gunakan media sosial

Ada sejumlah artis besar Korea Selatan yang baru-baru ini memiliki akun Instagram pribadi. Namun konten yang diunggah biasanya amat terbatas, hanya berkisar pekerjaannya atau foto sederhana.

Tak banyak yang blak-blakan mengungkap aktivitas hariannya, termasuk kediaman pribadi, seperti banyak dilakukan selebritas lokal atau Hollywood.

Ada banyak alasan yang membuat para aktor dan aktris Korea enggan terlalu aktif di dunia maya. Privasi menjadi salah satu alasan utama yang sangat dipertimbangkan.

Namun banyak juga yang ogah jadi pengguna media sosial karena takut melakukan kesalahan seperti Jo In Sung. Bintang Escape From Mogadishu ini takut membuat kesalahan tata bahasa, typo atau hal negatif lainnya.

Selain memberikan pengaruh buruk pada penggemarnya, ia juga khawatir dipermalukan dengan kesalahannya sendiri itu.

Yoo Jae Suk, yang merupakan presenter Running Man memilih menjauhi media sosial, apapun bentuknya. Salah satu pembawa acara termahal di Korea Selatan ini takut kecanduan dan berakhir tidak melakukan apapun sepanjang hari.

Aktris lawan main Song Jong Ki di A Werewolf Boy, Park Bo-young memilih tidak menggunakan media sosial karena menyadarinya dirinya sangat emosional.

Ia juga merasa mudah kehilangan kesabaran sehingga takut berbagai konten di internet akan memicu sifat buruknya itu keluar.

Dampak buruk media sosial memang menjadi salah satu pertimbangan yang banyak dijadikan alasan para selebritas tersebut. Selain itu, ada yang menilai Instagram, Twitter atau platform media sosial populer kurang efektif dijadikan cara berkomunikasi dengan penggemarnya.

Baca juga: 8 Tanda Tubuh Kita Butuh Jeda Media Sosial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com