Kompas.com - 02/12/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi garam Himalaya Ilustrasi garam Himalaya
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pink Himalayan salt, atau garam Himalaya belakangan ini menjadi populer. Kita bisa dengan mudah menemukan jenis garam itu di pusat perbelanjaan dan toko makanan khusus.

Garam Himalaya merah muda sedikit berbeda dibandingkan garam biasa, karena berasal dari Khewra Salt Mine yang terletak di dekat Himalaya di Pakistan.

Seperti dilaporkan Healthline, garam Himalaya merah muda dipanen secara alami, sehingga memiliki banyak mineral dan unsur lain yang tidak terdapat dalam garam meja.

Makanya, garam ini disebut-sebut lebih menyehatkan ketimbang garam meja. Benarkah demikian?

Melansir Medical News Today, meski sejumlah laporan menemukan garam Himalaya mengandung sekitar 84 mineral dan unsur berbeda, kandungan seluruh bahan itu hanya sekitar dua persen.

Itu artinya, kandungan nutrisi pada garam Himalaya merah muda hampir sama dengan garam meja biasa.

Kita tidak memeroleh manfaat kesehatan lebih jika mengganti garam biasa dengan garam tersebut.

Klaim lain terkait garam Himalaya adalah, garam ini tidak diproses secara berlebihan dan lebih alami daripada garam biasa.

Yahoo! Health melaporkan, garam meja mengandung zat anti penggumpalan dan sejumlah nutrisi dalam garam itu hilang selama proses penggilingan.

Baca juga: Garam Himalaya Lebih Sehat untuk Pengidap Darah Tinggi, Benarkah?

Manfaat kesehatan garam Himalaya

Asupan natrium yang tepat sangat penting untuk kesehatan kita. Semua jenis garam, termasuk garam Himalaya merah muda dapat membantu kita menjaga kadar natrium yang sehat, menurut laman Web MD.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.