Kompas.com - 02/12/2021, 19:12 WIB
Membersihkan pintu kaca kamar mandi. VIA maramani.com Membersihkan pintu kaca kamar mandi.

KOMPAS.com - Bagi yang memiliki pintu kamar mandi kaca di rumah, masalah yang sering ditemui adalah sisa sabun, sampo dan percikan air menempel di permukaan kaca.

Sisa-sisa air yang tertinggal setelah mandi menyebabkan pintu kamar mandi kaca senantiasa terlihat kotor meski sudah rajin dibersihkan.

Lebih parahnya lagi, percikan air terus-menerus dapat membuat permukaan kaca menjadi keruh dan tidak lagi sebening dulu.

Tetapi tidak usah khawatir. Permukaan pintu kamar mandi kaca bisa kembali bening tanpa ada buih sampo, sabun, atau percikan air.

Baca juga: 6 Permasalahan di Dapur yang Bisa Diatasi dengan Soda Kue

Saudia Davis, CEO GreenHouse Eco-Cleaning, di Brooklyn, AS menyarankan untuk menggunakan soda kue atau pembersih bubuk (powder cleanser).

Taburkan soda kue atau pembersih bubuk di atas kain mikrofiber. Basahi kain yang sudah ditaburi pembersih dengan larutan air dan cuka putih suling.

Lalu gosok kain tersebut ke seluruh permukaan pintu kaca.

Pada dasarnya, kita perlu memastikan agar larutan pembersih dapat bekerja membersihkan pintu kaca dengan efektif.

Cobalah tambahkan lebih banyak larutan cuka pada produk pembersih sampai warnanya sedikit jenuh atau keruh.

Tunggu sampai sekitar lima menit, lalu gunakan kain lembut untuk membersihkan pintu kaca kamar mandi.

Segala jenis kain lembut bisa digunakan, namun jangan memilih steel wool atau sikat serabut kawat karena akan meninggalkan goresan pada permukaan kaca.

Baca juga: Simak, 3 Langkah Bersihkan Sofa dengan Soda Kue

Untuk mengembalikan pintu kaca agar tampak bening, semprotkan cairan alkohol pada pintu lalu gosok menggunakan kain bersih.

Cara ini bisa langsung diterapkan apabila pintu kaca kamar mandi tidak berjejak bekas buih sabun, sampo, atau cipratan air, dan membuat tampilan pintu kaca yang bening.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.