Kompas.com - 03/12/2021, 06:07 WIB

KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan temuan baru varian B.1.1.529 atau Omicron asal Afrika Selatan (Afsel), Kamis (25/11/2021) lalu. Virus ini pun telah menyebar ke beberapa negara. 

Meski mutasi baru virus corona ini membuat banyak orang khawatir, sejumlah epidemiolog dan ahli menyebut gejala yang ditimbulkan varian Omicron sangat ringan dan orang yang terjangkit dapat dirawat di rumah.

Dr. Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afsel mengatakan bahwa pada 18 November ia memperhatikan tujuh pasien di kliniknya yang memiliki gejala yang berbeda dari varian Delta, meskipun gejalanya sangat ringan.

Coetzee mengatakan, seorang pasien pada 18 November datang ke kliniknya dan mengeluhkan dirinya sangat lelah selama dua hari, yang disertai dengan nyeri tubuh dan sakit kepala.

Baca juga: Korsel Laporkan Kasus Covid-19 Harian Tertinggi, Waspadai Varian Omicron

"Gejala pada tahap itu sangat terkait dengan infeksi virus normal. Dan karena kami belum melihat Covid-19 selama delapan hingga sepuluh minggu terakhir, kami memutuskan untuk menguji," katanya.

Pasien yang datang ke kliniknya dan keluarganya ternyata positif Covid-19.

Pada hari yang sama, lebih banyak pasien datang ke kliniknya dengan gejala yang sama, dan Coetzee menyadari ada sesuatu yang terjadi. Sejak hari itu, ia kedatangan dua hingga tiga pasien per hari.

"Kami telah melihat banyak pasien Delta selama gelombang ketiga. Dan ini tidak sesuai dengan gambaran klinis," ujar Coetzee.

"Sebagian besar dari mereka punya gejala yang sangat ringan dan kami dapat merawat pasien ini di rumah," tambahnya.

Baca juga: Perbandingan Varian Omicron dengan Varian Delta, Ahli: Belum Tentu Lebih Berbahaya

Coetzee menambahkan, varian Omicron ini berbeda dengan varian Delta yang dapat membuat pasien kehilangan penciuman atau rasa dan tidak ada penurunan besar kadar oksigen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.