BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Urban Republic

Makin Betah di Rumah dengan Perangkat Smart Home Canggih Berikut

Kompas.com - 03/12/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi perangkat smart home DOK. RAWPIXEL.COM/ROUNGROATIlustrasi perangkat smart home
|

KOMPAS.com – Konsep rumah pintar atau smart home kini makin diminati masyarakat. Selain lebih praktis, penggunaan perangkat smart home dinilai lebih hemat karena bisa memangkas biaya listrik ketimbang memakai alat perabot konvensional.

Pasalnya, perangkat smart home bisa dikendalikan kapan pun dan di mana pun menggunakan teknologi internet of things (IoT). Misalnya, jika sewaktu-waktu lupa mematikan pendingin ruangan (AC) atau lampu saat meninggalkan rumah, kamu cukup mematikannya lewat smartphone.

Baca juga: Waktunya Refreshing, 3 Inspirasi Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Libur Akhir Tahun

Selain itu, penggunaan perangkat smart home juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem keamanan di dalam rumah. Bila terjadi sesuatu yang mencurigakan, kamu akan segera diberitahu dengan notifikasi pintar dari aplikasi di smartphone.

Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu mulai menggunakan perangkat smart home di rumah. Untuk rekomendasi, simak ulasan Kompas.com berikut.

Lampu pintar Xiaomi Mi Motion Sensor dapat secara otomatis menyala hanya saat ada pergerakan di dalam rumah.DOK. URBAN REPUBLIC/Xiaomi Mi Motion Sensor Lampu pintar Xiaomi Mi Motion Sensor dapat secara otomatis menyala hanya saat ada pergerakan di dalam rumah.

1. Pencahayaan pintar

Salah satu komponen smart home yang saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat adalah pencahayaan atau lampu pintar.

Perangkat tersebut mudah diaplikasikan. Cara memasangnya pun sama dengan lampu konvensional. Bedanya, lampu pintar terkoneksi dengan jaringan nirkabel yang bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Baca juga: Seperti Ini Cara Ciptakan Rumah Bersih, Bebas Pencetus Alergi

Pengendalian tersebut terdiri dari menentukan tingkat kecerahan dan mode warna cahaya serta mengatur jadwal lampu menyala dan mati.

Ada berbagai merek lampu pintar yang bisa kamu coba. Dua di antaranya adalah IT Smart LED Bulb dengan besaran daya hanya 9 watt dan Xiaomi Mi Motion Sensor yang dapat secara otomatis menyala hanya saat ada pergerakan di dalam rumah.

Ilustrasi penggunaan CCTV pintarDOK. URBAN REPUBLIC Ilustrasi penggunaan CCTV pintar

2. Kamera keamanan pintar

Memasang kamera keamanan menjadi salah satu solusi untuk menjaga rumah dari mara bahaya. Biasanya, penghuni rumah memasang kamera closed circuit television (CCTV) konvensional di berbagai sudut rumah.

Namun, penggunaan kamera CCTV juga tak lepas dari kekurangan, seperti resolusi gambar yang rendah dan keterbatasan jangkauan kamera.

Baca juga: Level PPKM Turun, Yuk Jajal Aktivitas Seru Ini demi Jaga Kesehatan Mental

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kamera CCTV pintar yang dapat dikendalikan dari smartphone. Salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih adalah IT Smart CCTV Camera.

Kamera CCTV pintar itu memiliki teknologi Motion dan Sound Detection. Jika sewaktu-waktu ada orang mencurigakan masuk ke dalam rumah, kamu akan mendapatkan notifikasi dari smartphone. Kamera ini juga dapat menangkap suara yang mencurigakan.

Xiaomi Mi Smart Kettle merupakan pemanas air cerdas yang dapat dikendalikan dari smartphone.DOK. URBAN REPUBLIC/Xiaomi Mi Smart Kettle Xiaomi Mi Smart Kettle merupakan pemanas air cerdas yang dapat dikendalikan dari smartphone.

3. Pemanas air cerdas

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menyeduh kopi atau teh hangat sebelum bekerja. Namun, aktivitas yang padat di pagi hari terkadang merepotkan beberapa orang yang ingin menyeduh kopi atau teh sendiri.

Namun, di era serbacanggih seperti sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan aktivitas tersebut. Sebab, kini kamu bisa memanaskan air tanpa perlu menunggu lama sampai air mendidih.

Kamu bisa memanfaatkan Xiaomi Mi Smart Kettle sebagai pemanas air cerdas yang dapat dikendalikan dari smartphone. Bahkan, Xiaomi melengkapi teko ini dengan sistem kontrol suhu yang cukup presisi.

Jadi, kamu bisa mengatur suhu air sesuai keinginan dengan waktu yang juga bisa ditentukan. Praktis dan solutif.

Baca juga: IT Luncurkan 6 Produk Smart Home, Ini Keunggulan yang Ditawarkan

Selain ketiga alat tersebut, masih banyak perabot pintar yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Sebut saja kunci rumah cerdas, termostat Wi-Fi, dan sistem keamanan pintar.

Produk-produk tersebut pun bisa didapatkan dengan mudah di beberapa e-commerce, salah satunya Urban Republic dari Eraspace. Selain menjual ragam produk smart home, Urban Republic juga menyediakan beragam produk lain untuk memenuhi kebutuhan lifestyle harian, seperti smartwatch, Bluetooth speaker, audio, headset, buds, drone, dan action camera.

Selain pilihan membeli secara online, kamu juga bisa datang langsung ke Urban Republic Store yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, Urban Republic juga tengah melebarkan sayap dengan mendirikan store di tempat baru, salah satunya Urban Republic Store di Ashta District 8, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta.

Baca juga: 5 Aplikasi Sistem Smart Home yang Bisa Diterapkan di Rumah

Tak hanya menghadirkan berbagai barang orisinal dan berkualitas tinggi, Urban Republic juga menyediakan garansi resmi dari TAM serta berbagai promo menarik.

Salah satu promo yang bisa kamu dapatkan adalah flash sale discount hingga 55 persen pada periode 3-5 Desember 2021.

Beberapa perangkat yang mendapatkan diskon di antaranya adalah Garmin Instinct E-Sport seharga Rp 3.999.000 dari Rp 4.799.000, Apple Airpods Pro dari Rp 4.199.000 menjadi Rp 3.599.000, da Xiaomi Mi Smart Air Fryer dari Rp 1.099.000 menjadi Rp 999.000.

Selain di Jakarta, Urban Republic juga melakukan grand opening Garmin Brand Store di Mall Ratu Indah Makassar Garmin Brand Store pada Jumat (3/12/2021).

Pada grand opening tersebut, Urban Republic menawarkan flash sale berupa potongan harga hingga Rp 3 juta, cashback hingga Rp 750.000, serta cicilan 0 persen hingga tenor 24 bulan melalui Bank CIMB Niaga dan Bank BRI. Perlu diketahui bahwa flash sale ini hanya berlaku pada hari grand opening.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ragam promo yang dihadirkan, hubungi WhatsApp Center Urban Republic Store di nomor 0819-9740-0585 atau klik tautan ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.