Kompas.com - 04/12/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi varian Omicron membawa banyak mutasi virus corona. Studi baru, peneliti ungkap varian virus Omicron membawa mutasi dari gen virus flu biasa. SHUTTERSTOCK/Corona Borealis StudioIlustrasi varian Omicron membawa banyak mutasi virus corona. Studi baru, peneliti ungkap varian virus Omicron membawa mutasi dari gen virus flu biasa.

KOMPAS.com - Varian baru Covid-19 yakni Omicron diprediksi akan mendominasi seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

Prediksi ini disampaikan oleh seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena di Singapura, Dr Leong Hoe Nam melalui CNBC.

Menurut Dr Leong, meskipun vaksin untuk melawan jenis tersebut dapat dikembangkan dengan cepat, namun efektivitas vaksin juga perlu diuji selama 3-6 bulan.

Hal tersebut harus dilakukan untuk membuktikan kekebalannya terhadap varian tersebut.

"Sejujurnya, Omicron akan mendominasi dan menguasai seluruh dunia dalam  3-6 bulan," kata dia.

Berdasarkan laporan Reuters, varian Delta adalah jenis virus yang saat ini menyumbang 99 persen infeksi Covid-19.

Baca juga: Benarkah Varian Omicron Hanya Sebabkan Gejala Ringan?

Virus tersebut pertama kali diketahui merebak di negara bagian Maharashtra di India pada Maret 2021, dan telah menjadi dominan secara global pada Juli.

CEO Moderna, Stephane Bancel pun mengatakan pada Senin (29/11), untuk mengembangkan dan mengirimkan vaksin yang secara khusus menargetkan varian omicron bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Sementara itu, CEO Pfizer, Albert Bourla juga mengungkapkan, mempersiapkan vaksin tersebut bisa membutuhkan waktu kurang dari 100 hari, atau kurang lebih sekitar tiga bulan.

"Ide bagus, tapi jujur, itu tidak praktis," kata Dr Leong tentang vaksin yang secara khusus menargetkan Omicron.

Baca juga: Tangkal Varian Omicron, Moderna Siap Luncurkan Vaksin Baru Awal 2022

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.