Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 21:00 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ketika menyimpan kondom, sebagian dari kita mungkin berpikir, berapa alama masa kedaluwarsa (expired) kondom dan selama apa kita bisa menyimpannya?

Sebelumnya, penting untuk dipahami bahwa alat kontrasepsi seperti kondom juga memiliki masa kedaluwarsa.

Konselor Halo DKT, dr Thesa Ananda Prima menjelaskan, kondom terbuat dari bahan yang rentan rusak seiring berjalannya waktu.

Ada berbagai jenis bahan kondom yang ada di pasaran, misalnya kondom yang terbuat dari lateks (getah karet) dan berbahan dasar poliuretana (plastik sintetis).

Bahan-bahan tersebut memiliki batas usia penyimpanan.

"Bahan-bahan tersebut bisa mengalami degradasi atau kehancuran secara alami sehingga tentunya memiliki batas waktu penyimpanan," kata Thesa kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Sabtu (04/12/2021).

Menggunakan kondom kedaluwarsa dapat menimbulkan sejumlah risiko. Misalnya, meningkatkan risiko kehamilan karena akan lebih mudah robek seiring waktu.

Selain itu, kondom yang robek juga berisiko meningkatkan risiko penularan penyakit seksual seperti gonore, klamidia, hepatitis, hingga HIV/ AIDS.

Baca juga: 10 Manfaat Memakai Kondom Saat Berhubungan Seks

Berapa lama masa kedaluwarsa kondom?

Berapa lama masa kedaluwarsa kondom berbeda-beda tergantung dari bahannya. Namun pada umumnya dua hingga lima tahun setelah diproduksi, bukan dibeli.PEXELS/COTTONBRO Berapa lama masa kedaluwarsa kondom berbeda-beda tergantung dari bahannya. Namun pada umumnya dua hingga lima tahun setelah diproduksi, bukan dibeli.

Masa kedaluwarsa kondom berbeda-beda tergantung dari bahannya.

Thesa mencontohkan, kondom yang terbuat dari bahan alami, seperti kulit domba, akan lebih cepat kedaluwarsa ketimbang kondom yang terbuat dari bahan sintetis, seperti lateks dan poliuretana.

Pada umumnya, masa kedaluwarsa kondom adalah dua hingga lima tahun setelah diproduksi.

"Pada umumnya kondom dapat bertahan selama dua hingga lima tahun semenjak diproduksi pabrik, bukan semenjak dibeli," ucapnya.

Cara lebih mudah untuk mengetahui berapa lama masa kedaluwarsa kondom dapat dilihat dari kotak atau bungkusnya.

Jika tertulis "2022-06", misalnya, artinya kondom dapat memberikan proteksi dari infeksi menular seksual maupun kehamilan hingga Juni 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com