BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Dear Manusia Hebat, Yuk Beri Apresiasi untuk Diri Sendiri pada Pengujung Tahun

Kompas.com - 05/12/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi hadiah efetovaIlustrasi hadiah

KOMPAS.com – Tahun 2021 segera berakhir. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, 2021 bisa dikatakan menjadi salah satu tahun terberat yang dijalani.

Hal tersebut lantaran pandemi Covid-19 yang belum usai. Pandemi membuat seseorang harus berjuang lebih keras dalam berbagai hal, mulai dari cinta, kesehatan fisik dan mental, keluarga, hingga karier.

Meski berat, kamu terbukti hebat karena mampu melewati tahun ini dengan baik. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memberi apresiasi berupa kado atau hadiah kepada diri sendiri (self-reward) atas perjuangan tersebut.

Selain sebagai pernyataan cinta terhadap diri sendiri (self-love), self-reward ternyata memberikan manfaat yang besar.

Dalam bukunya yang berjudul Better Than Before: What I Learned About Making and Breaking Habits, Gretchen Rubin menuliskan bahwa saat memberi hadiah kepada diri sendiri, seseorang akan merasa puas, lebih berenergi, dan diperhatikan.

“Hal tersebut pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih menguasai diri dan mampu mempertahankan pencapaian yang didapat,” tulis Rubin seperti dikutip dari laman Stunning Motivation, Rabu (20/2/2019).

Secara sederhana, lanjut Rubin, memberi hadiah kepada diri sendiri dapat memicu otak untuk melepaskan hormon dopamin. Hormon ini menstimulasi perasaan bahagia.

“Saat merasa bahagia, seseorang akan lebih termotivasi untuk kembali melakukan berbagai hal positif sekaligus meningkatkan kemampuan diri,” kata Rubin.

Selain itu, self-reward juga dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, dan menumbuhkan pikiran positif.

(Baca juga: Serba-serbi Self-Reward, dari Manfaat hingga Rekomendasi yang Cocok)

Lebih dari itu, self-reward juga perlu dilakukan karena kamu berhak menerimanya. Self-reward merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri atas perjuangan yang telah ditempuh.

Dalam buku berjudul Secrets of the Millionaire Mind: Mastering the Inner Game of Wealth, Harv Eker menyarankan sebuah konsep pengelolaan keuangan personal bernama Jars Money Management System.

Melalui konsep tersebut, Eker membagi pengelolaan keuangan ke dalam enam akun berbeda. Salah satu akun didedikasikan khusus untuk “bersenang-senang” atau “play”.

“Semua uang yang masuk ke dalam akun itu bisa dimanfaatkan untuk memanjakan diri sendiri dan keluarga, termasuk memberi self-reward,” tulis Eker.

Menurut Eker, terlalu fokus bekerja tanpa bersenang-senang dapat membuat jiwa seseorang menjadi kosong.

Akibatnya, seseorang berpotensi mengalami kelelahan, kehilangan motivasi, dan merasa tidak seimbang.

Guna menghindari hal tersebut, ada beragam kado atau hadiah yang bisa kamu berikan kepada diri sendiri.

Sebut saja liburan, perawatan tubuh, dan barang mewah impian, seperti perhiasan berlian berupa cincin berlian, gelang berlian, atau kalung berlian mewah.

Khusus perhiasan berlian, kamu bisa memilih Beads Collection dari brand perhiasan terkemuka Frank & co.

Cincin Berlian Beads Collection Frank & co.Frank & co. Cincin Berlian Beads Collection Frank & co.

Perhiasan wanita itu secara khusus diluncurkan Frank & co. pada perayaan akhir tahun. Sebagai pelengkap momen gifting season, desain Beads Collection #FranknCo terinspirasi dari ide akan sesuatu yang baru dan membuat orang bergembira.

Selain sebagai self-reward, perhiasan berlian asli tersebut juga dapat menjadi ide hadiah unik, hadiah ulang tahun, hadiah untuk pacar, atau kado untuk sahabat perempuan.

(Baca juga: Bingung Cari Kado untuk Remaja? Berikut Rekomendasinya)

Untuk diketahui, koleksi Beads Collection terdiri dari lima varian cincin berlian asli dan tujuh gelang berlian. Semua perhiasan itu menggunakan berlian berpotongan round, baguette, taper, dan princess.

Gelang Berlian Beads Collection Frank & co.Frank & co. Gelang Berlian Beads Collection Frank & co.

Adapun cincin berlian wanita tersebut memiliki berat total antara 0,10 hingga 0,25 karat. Sementara, gelang berlian Beads Collection memiliki berat antara 0,10 hingga 0,30 karat.

Sesuai namanya, Beads Collection menghadirkan desain berupa gabungan manik-manik (beads) yang disusun berderet. Menariknya, gabungan beads ini dapat diputar dan bergerak dinamis saat dikenakan oleh pemakainya.

Menggunakan rose gold 18K berstandar berlian khas Frank & co. yaitu F VVS, Beads Collection dapat menghadirkan kesan mewah, stylish, fun, dan modern bagi pemakainya. Oleh karena itu, koleksi ini cocok dikenakan sehari-hari, termasuk untuk mengawali tahun yang baru.

Promo Gift with Purchase Frank & co.Frank & co. Promo Gift with Purchase Frank & co.

Untuk memeriahkan akhir 2021, Frank & co. juga mengadakan promo Gift with Purchase. Setiap pembelian perhiasan berlian di Frank & co. pada Desember 2021, kamu berkesempatan mendapatkan liontin berlian. Hadiah ini bisa kamu dapatkan jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Informasi selengkapnya mengenai Beads Collection dapat kamu temukan pada laman resmi dan akun Instagram @franknco_id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.