Kompas.com - 06/12/2021, 10:46 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain di alam bebas. Dok. iStock/FatCameraIlustrasi anak-anak bermain di alam bebas.

KOMPAS.com - Menjalin pertemanan memang tidak selalu mudah dan butuh usaha agar bisa menjadi teman yang baik.

Ketika anak-anak tumbuh dan mengembangkan keterampilan sosialnya, wajar saja jika mereka akan mengalami kesulitan berbagi atau mungkin berjuang untuk bergaul dengan anak lain. Rasanya setiap anak, terutama di usia balita, akan mengalami tantangan ini.

Namun, demi membesarkan anak-anak yang bahagia, baik, dan berempati, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orangtua untuk membantu anak memiliki teman bermain dan juga berhasil menjadi teman yang baik.

Sebagai seorang ahli di bidang perkembangan anak dan terapis yang berspesialisasi dalam integrasi sensorik, Allie Ticktin membagikan empat tips untuk membantu si kecil belajar menjadi teman yang baik sebagai berikut.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anak Perlu Mengalami Kegagalan

1. Bicarakan tentang kompromi dan berbagi

Bagian terbesar dari belajar menjadi teman yang baik adalah belajar berkompromi dan berbagi.

"Ajari anak untuk fleksibel dengan berlatih di rumah bersama keluarga. Tunjukkan saat-saat ketika kita fleksibel saat bermain dengan si kecil," terang Ticktin.

Di lain waktu kita dapat berkompromi, lalu tunjukkan bahwa kita fleksibel, dengan mengatakan sesuatu seperti, "Oke, tidak masalah jika tidak ada warna pilihan, mama bisa fleksibel dan menggunakan bola hijau sebagai gantinya."

Kita juga dapat meminta anak untuk bersikap fleksibel dengan mengatakan, "Bisakah kamu menggunakan bola hijau kali ini, sehingga mama dapat menggunakan bola ungu?"

Hal yang sama berlaku untuk belajar berbagi dengan meminta si kecil meminjamkan mainnya dan bantu mereka melatih keterampilannya.

Baca juga: Lebih Banyak Mainan Bikin Anak Kreatif? Belum Tentu...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Motherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.