Kompas.com - 06/12/2021, 15:54 WIB
Makanan yang kita makan sehari-hari juga berperan sebagai bagian dari penyebab lemak perut bawah. SHUTTERSTOCK/Ekaterina MarkelovaMakanan yang kita makan sehari-hari juga berperan sebagai bagian dari penyebab lemak perut bawah.

KOMPAS.com - Diet telah dipercaya sejak lama sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Mereka yang menjalani diet rela membatasi asupan nutrisi tertentu agar tubuhnya tetap proporsional dan tidak melar.

Tapi, tahukah kamu bahwa diet ternyata juga bermanfaat untuk menangkal penyakit kronis dan bisa membuat seseorang berumur panjang?

Ahli diet tersertifikasi, Amanda Holtzer, RD, mengatakan ada 4 model diet terbaik bagi seseorang yang ingin berumur panjang, tetap sehat, dan bugar di usia emasnya.

Lalu, apa sajakah itu? Berikut ini sejumlah model diet yang dapat dipraktikkan:

1. Diet Mediterania

Diet mediterania Diet mediterania
Sebagai ahli diet, Holtzer mengaku akan mendorong pasiennya untuk menjalani diet Mediterania.

Diet Mediterania adalah model diet yang tidak membatasi asupan kalori dan tidak dirancang untuk menurunkan berat badan seseorang.

Diet ini hanyalah pola makan yang diikuti oleh orang-orang yang tinggal di negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania.

Cara kerja diet Mediterania

Saat menjalani diet Mediterania, Holtzer menyebut buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagian besar boleh dimakan.

Namun, untuk ikan, susu, telur, dan unggas hanya dapat dinikmati dalam jumlah sedang, sementara daging merah, gula halus, dan makanan olahan harus dibatasi asupannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Livestrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.