Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 23:11 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Kelebihan berat badan adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Tak mengherankan jika mereka mencari banyak cara agar berat badannya turun secara cepat dan praktis.

Padahal, penurunan berat badan yang terlalu cepat atau ekstrem akan berbahaya bagi fisik maupun mental seseorang.

Penurunan berat badan sebaiknya dilakukan beriringan dengan gaya hidup sehat yang berfokus pada nutrisi baik dan aktivitas fisik.

Walau begitu harus dipahami bahwa cara ini butuh beberapa waktu agar berat badan turun sesuai dengan harapan yang kita inginkan.

"Penurunan berat badan yang sehat tentu tergantung pada masing-masing orang. Namun, ada beberapa aturan tepat dan pedoman yang benar dan tidak menyebabkan sakit," kata Brad Dieter, Ph.D., seorang NASM yang juga ahli nutrisi bersertifikat.

Untuk kamu yang penasaran tentang berapa banyak berat badan yang dapat diturunkan dengan aman dan sehat dalam sebulan, ahli diet yang berbasis di New York City, AS Amy Shapiro, MS, RD, CDN, memberikan sarannya untukmu.

Baca juga: 6 Tips agar Tetap Sehat Saat Coba Turunkan Berat Badan

Hindari diet ekstrem

Sebelum mengetahui seberapa banyak berat badan yang aman diturunkan dalam sebulan, ada baiknya kamu mengetahui bahwa diet ekstrem harus dihindari saat menurunkan berat badan.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa diet adalah solusi untuk menurunkan berat badan.

Tapi, diet yang terlalu ekstrem harus dihindari karena membuat orang-orang memiliki pola pikir yang salah seputar makanan dan berat badan.

"Diet cenderung menjadi jalan pintas yang dilakukan orang ketika mereka ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, mereka cenderung ekstrem. Meski hasilnya menjanjikan, tapi jarang bertahan karena praktiknya tidak nyaman," jelas Shapiro.

Jika seseorang mendasarkan semua harapannya pada diet yang tidak berkelanjutan, sebenarnya ia memiliki pola pikir yang tidak tepat soal pola makanan.

"Ketika berhenti diet, kita cenderung kembali gemuk dan mulai mencari diet lain untuk diikuti. Siklus ini berulang dan bisa bertahan selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup," sambung Shapiro.

Baca juga: Berbagai Diet Ekstrem yang Tidak Disarankan untuk Dicoba

Cara menurunkan berat badan dengan cara yang sehat

Gaya hidup yang sehat harus dipraktikkan agar membawa manfaat bagi kesehatan, selain untuk menurunkan berat badan.

"Idealnya adalah menerapkan strategi yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang, di mana kita bisa mengikuti pola makan tanpa merasa terpaksa atau tersiksa," ucap Shapiro.

"Tujuan akhirnya adalah penurunan berat badan dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Meskipun penurunan berat tidak cepat namun terjadi lebih sehat," lanjutnya.

Halaman:
Sumber Byrdie
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com