Kompas.com - 06/12/2021, 23:11 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan katiko-dpIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Kelebihan berat badan adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Tak mengherankan jika mereka mencari banyak cara agar berat badannya turun secara cepat dan praktis.

Padahal, penurunan berat badan yang terlalu cepat atau ekstrem akan berbahaya bagi fisik maupun mental seseorang.

Penurunan berat badan sebaiknya dilakukan beriringan dengan gaya hidup sehat yang berfokus pada nutrisi baik dan aktivitas fisik.

Walau begitu harus dipahami bahwa cara ini butuh beberapa waktu agar berat badan turun sesuai dengan harapan yang kita inginkan.

"Penurunan berat badan yang sehat tentu tergantung pada masing-masing orang. Namun, ada beberapa aturan tepat dan pedoman yang benar dan tidak menyebabkan sakit," kata Brad Dieter, Ph.D., seorang NASM yang juga ahli nutrisi bersertifikat.

Untuk kamu yang penasaran tentang berapa banyak berat badan yang dapat diturunkan dengan aman dan sehat dalam sebulan, ahli diet yang berbasis di New York City, AS Amy Shapiro, MS, RD, CDN, memberikan sarannya untukmu.

Baca juga: 6 Tips agar Tetap Sehat Saat Coba Turunkan Berat Badan

Hindari diet ekstrem

Sebelum mengetahui seberapa banyak berat badan yang aman diturunkan dalam sebulan, ada baiknya kamu mengetahui bahwa diet ekstrem harus dihindari saat menurunkan berat badan.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa diet adalah solusi untuk menurunkan berat badan.

Tapi, diet yang terlalu ekstrem harus dihindari karena membuat orang-orang memiliki pola pikir yang salah seputar makanan dan berat badan.

"Diet cenderung menjadi jalan pintas yang dilakukan orang ketika mereka ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, mereka cenderung ekstrem. Meski hasilnya menjanjikan, tapi jarang bertahan karena praktiknya tidak nyaman," jelas Shapiro.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Byrdie
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.