Kompas.com - 07/12/2021, 10:53 WIB
Ilustrasi marah Digital Vision.Ilustrasi marah

KOMPAS.com - Stroke masih menjadi penyakit yang dikhawatirkan banyak orang. Meski masalah kesehatan ini lebih banyak dialami orang berusia lanjut, faktanya anak muda juga bisa terserang stroke.

Dilansir dari Mayo Clinic, stroke adalah terganggu atau berkurangnya suplai darah ke bagian otak yang membuat jaringan otak tidak mendapat suplai oksigen dan nutrisi. Akibatnya, sel-sel otak mulai mati dalam hitungan menit.

Stroke adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan cepat. Penanganan secara dini dapat mengurangi kerusakan otak dan komplikasi lainnya.

Ada berbagai penyebab yang membuat seseorang terserang stroke, mulai dari kebiasaan merokok, diabetes, obesitas, kecanduan alkohol, hingga penyakit jantung.

Namun, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan baru-baru ini di European Society of Cardiology's "European Heart Journal," marah dan aktivitas fisik terlalu berat ternyata bisa juga menjadi penyebab stroke.

Temuan itu didapat usai sebuah tim peneliti melakukan pengamatan terhadap lebih dari 13.000 pasien stroke di 32 negara sebagai bagian dari studi INTERSTROKE.

Dengan menggunakan pendekatan "case-crossover," tim peneliti berusaha menentukan apakah pemicu dalam satu jam dari serangan atau permulaan gejala dikaitkan dengan stroke akut, dibandingkan periode waktu yang sama pada hari sebelumnya.

Baca juga: Stres Picu Risiko Hipertensi, Serangan Jantung, dan Stroke, Benarkah?

Meski pencegahan stroke adalah prioritas dan bisa dilakukan dengan berbagai cara, nyatanya kapan seseorang terserang stroke masih sulit diprediksi.

Peneliti utama studi ini yang juga profesor di National University of Ireland Galway, Andrew Smyth mengatakan penelitian yang dilakukan timnya bertujuan untuk melihat penyebab yang bisa menjadi pemicu stroke.

Tujuan ini disebutnya berbeda dengan banyak penelitian lain yang berfokus pada penyebab jangka menengah hingga jangka panjang, seperti hipertensi, obesitas, atau merokok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.