Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemerahan pada Kulit Wajah, Apa Penyebab dan Solusinya?

Kompas.com - 08/12/2021, 06:39 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki wajah mulus tentu menjadi impian kebanyakan orang, terutama perempuan.

Sayangnya, beberapa orang sulit mendapatkan wajah mulus karena kondisi kulit yang kemerahan dan mengganggu penampilan. Belum lagi, jika kemerahan pada kulit ini menyebabkan rasa tak nyaman seperti gatal-gatal, rasanya makin kesal saja.

Nah, sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara menangani kemerahan di kulit ini? Berikut paparannya.

Apa penyebab kemerahan di kulit?

Ada berbagai faktor penyebabnya, mulai dari gaya hidup, tidak cocok dengan produk perawatan kulit, hingga masalah kesehatan.

“Rosacea, bawaan genetik, alergi terhadap bahan perawatan kulit, panas, paparan sinar matahari, alkohol, makanan pedas, jerawat, kekeringan, atau eksfoliasi kulit berlebihan, semua dapat menyebabkan kemerahan," kata Dendy Engelman, M.D., dokter kulit di New York.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, tentu kita perlu mengunjungi dokter kulit agar masalah terpecahkan dengan penanganan yang sesuai.

Baca juga: Kenali Penyebab Kulit Jadi Kemerahan dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara menanganinya?

Sebelum menanganinya, tentu perlu mengidentifikasi penyebabnya. Nah, berikut adalah beberapa alasan umum mengapa kulit wajah mendadak memerah.

Jerawat

Jika masalahnya adalah jerawat, gunakan masker dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolat untuk membantu mendorong pergantian sel guna menghilangkan lapisan atas kulit.

Lalu setelah noda jerawat menghilang, pastikan menggunakan krim pelembap bebas minyak untuk melindungi kulit yang rentan jerawat dari kekeringan tanpa menyebabkan lebih banyak jerawat.

Kulit kering

Kulit kering kerap mengalami kerusakan, membuatnya menjadi rentan terhadap infeksi dari mikroorganisme, yang mengarah ke sensitivitas dan kemerahan.

Untuk itu, cobalah mengurangi frekuensi eksfoliasi dan melindungi kulit dengan kelembapan. Jangan lupa, carilah pelembap wajah dengan bahan menghidrasi yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

Rosacea

Rosacea merupakan kondisi kulit inflamasi kronis yang membuat wajah tampak memerah.

Jika didiagnosa dengan penyakit ini, Dr. Engelman merekomendasikan untuk mencoba Rhofade, agonis adrenoseptor alfa1A pertama dan satu-satunya yang disetujui untuk eritema wajah yang terkait dengan rosacea pada orang dewasa.

Kendati demikian, perlu konsultasi dengan dokter sebelum memakainya, ya. Lalu, untuk menghilangkan rosacea OTC, Dr. Engelman merekomendasikan produk Cetaphil's Redness Relieving.

Seborrheic dermatitis

Menurut Michelle Henry, M.D., pendiri Bedah Kulit & Estetika Manhattan, kondisi kulit yang disebabkan oleh Malassezia ini dapat diobati dengan beberapa cara.

Misalnya, dengan membersihkan area kulit terdampak menggunakan sabun lembut yang bebas pewangi.

Dia juga menambahkan bahwa dokter kulit mungkin meresepkan obat oles antijamur untuk mengurangi Malassezia, atau salep kortikosteroid ringan untuk mengurangi peradangan, atau  obat topikal yang mengandung zinc pyrithione.

Selain itu, Dr Henry juga menyarankan krim dengan Shea butter untuk mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh kondisi ini.

Dermatitis kontak

"Dermatitis kontak terjadi ketika sesuatu yang menyentuh kulit mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi kulit," kata Dr Henry.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com