Kompas.com - 08/12/2021, 06:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki wajah mulus tentu menjadi impian kebanyakan orang, terutama perempuan.

Sayangnya, beberapa orang sulit mendapatkan wajah mulus karena kondisi kulit yang kemerahan dan mengganggu penampilan. Belum lagi, jika kemerahan pada kulit ini menyebabkan rasa tak nyaman seperti gatal-gatal, rasanya makin kesal saja.

Nah, sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara menangani kemerahan di kulit ini? Berikut paparannya.

Apa penyebab kemerahan di kulit?

Ada berbagai faktor penyebabnya, mulai dari gaya hidup, tidak cocok dengan produk perawatan kulit, hingga masalah kesehatan.

“Rosacea, bawaan genetik, alergi terhadap bahan perawatan kulit, panas, paparan sinar matahari, alkohol, makanan pedas, jerawat, kekeringan, atau eksfoliasi kulit berlebihan, semua dapat menyebabkan kemerahan," kata Dendy Engelman, M.D., dokter kulit di New York.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, tentu kita perlu mengunjungi dokter kulit agar masalah terpecahkan dengan penanganan yang sesuai.

Baca juga: Kenali Penyebab Kulit Jadi Kemerahan dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara menanganinya?

Sebelum menanganinya, tentu perlu mengidentifikasi penyebabnya. Nah, berikut adalah beberapa alasan umum mengapa kulit wajah mendadak memerah.

Jerawat

Jika masalahnya adalah jerawat, gunakan masker dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolat untuk membantu mendorong pergantian sel guna menghilangkan lapisan atas kulit.

Lalu setelah noda jerawat menghilang, pastikan menggunakan krim pelembap bebas minyak untuk melindungi kulit yang rentan jerawat dari kekeringan tanpa menyebabkan lebih banyak jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.