Kompas.com - 08/12/2021, 08:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jerawat tentu bisa tumbuh di mana saja, termasuk di bokong.

Memang, tdak seperti jerawat pada wajah, jerawat di bokong mungkin tak akan membuat kita kehilangan rasa percaya diri karena tak terlihat. Kendati demikian, jerawat ini tetap menyebalkan karena menimbulkan rasa nyeri, terutama ketika duduk.

Lantas, bagaimana menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini,

Fakta tentang jerawat di bokong

Sebelum membahas soal penanganannya, ada fakta tentang jerawat bokong yang perlu diketahui terlebih dulu.

Pertama, umumnya, “jerawat” itu bukanlah jerawat yang biasa kita ketahui.

"Jerawat pada bokong biasanya tidak dianggap sebagai jerawat nyata, melainkan iritasi kulit yang disebut folikulitis," ujar dokter kulit di New York, Michele Green, M.D.

Menurut Green, folikulitis biasa terjadi saat ada iritasi di folikel rambut di kulit, membuat adanya benjolan merah yang mirip dengan jerawat.

Penyebab iritasinya pun beragam, mulai dari gesekan berulang di suatu area, atau sejumlah aktivitas sehari-hari, seperti mengenakan pakaian dalam atau bawahan yang ketat, melewatkan mandi setelah berolahraga, bercukur atau waxing, atau bahkan karena berendam dalam air panas.

Folikulitis, yang benar-benar merupakan infeksi folikel rambut sebenarnya dapat dideteksi lho.

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di Kota New Yorkar, caranya adalah dengan “merasakannya” dan melihat tempatnya di tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.