Kompas.com - 08/12/2021, 09:04 WIB
Ada beberapa tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Menaruh tanaman dalam ruangan seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Unsplash/Huy PhanAda beberapa tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Menaruh tanaman dalam ruangan seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

KOMPAS.com - Menaruh tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Polutan udara, baik di rumah maupun tempat kerja, berkaitan dengan masalah kesehatan, seperti asma, mengi, konjungtivitis, dan eksim.

Melansir BBC, polutan udara paling mengkhawatirkan yang telah diteliti oleh para peneliti adalah volatile organic compounds (VOC) yang dapat ditemukan dalam semprotan aerosol dan produk pembersih.

Salah satu senyawa tersebut adalah limonene. Meski aroma jeruknya terasa menyenangkan, tetapi mudah bereaksi dengan ozon di udara untuk membentuk formaldehida kimia yang berpotensi membahayakan.

Bahan kimia di udara lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan adalah karbon dioksida.

Konsentrasi karbon dioksida tinggi berkaitan dengan konsentrasi dan pengambilan keputusan yang buruk.

Menyediakan ventilasi yang baik di rumah bisa membantu memurnikan udara. Namun jika itu tidak memungkinkan, tanaman hias juga baik sebagai pemurni udara.

Selain manfaat secara fisik, tanaman hias juga baik untuk pikiran.

Studi menunjukkan bahwa tanaman dapat meningkatkan kesejahteraan, yang mengarah pada peningkatan suasana hati, memori, dan produktivitas.

Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika karyawan bisa melihat tanaman dari mejanya, mereka tampil lebih baik dalam tes konsentrasi tertentu hingga sebesar 19 persen.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Media Air

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.