Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 09:04 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menaruh tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Polutan udara, baik di rumah maupun tempat kerja, berkaitan dengan masalah kesehatan, seperti asma, mengi, konjungtivitis, dan eksim.

Melansir BBC, polutan udara paling mengkhawatirkan yang telah diteliti oleh para peneliti adalah volatile organic compounds (VOC) yang dapat ditemukan dalam semprotan aerosol dan produk pembersih.

Salah satu senyawa tersebut adalah limonene. Meski aroma jeruknya terasa menyenangkan, tetapi mudah bereaksi dengan ozon di udara untuk membentuk formaldehida kimia yang berpotensi membahayakan.

Bahan kimia di udara lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan adalah karbon dioksida.

Konsentrasi karbon dioksida tinggi berkaitan dengan konsentrasi dan pengambilan keputusan yang buruk.

Menyediakan ventilasi yang baik di rumah bisa membantu memurnikan udara. Namun jika itu tidak memungkinkan, tanaman hias juga baik sebagai pemurni udara.

Selain manfaat secara fisik, tanaman hias juga baik untuk pikiran.

Studi menunjukkan bahwa tanaman dapat meningkatkan kesejahteraan, yang mengarah pada peningkatan suasana hati, memori, dan produktivitas.

Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika karyawan bisa melihat tanaman dari mejanya, mereka tampil lebih baik dalam tes konsentrasi tertentu hingga sebesar 19 persen.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Media Air

Tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan

Berikut beberapa pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan:

  • Golden pothos

Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.SHUTTERSTOCK Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.

Menurut NASA, Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.

Meskipun, tanaman ini tidak cukup baik untuk menghilangkan formaldehida.

Benzena ada dalam produk seperti lem, cat, dan deterjen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com