Kompas.com - 08/12/2021, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Penderita hipertensi memang perlu mengonsumi obat-obatan untuk menjaga tekanan darahnya tetap normal.

Dokter biasanya akan meresepkan sejumlah obat yang punya cara kerja dan manfaat berbeda-beda sesuai kondisi pasien.

Namun, sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine mengatakan bahwa hampir 1 dari 5 orang dengan hipertensi secara tidak sengaja meminum obat untuk kondisi lain yang menyebabkan tekanan darah mereka naik lebih tinggi.

Padahal, jika tidak diobati, hipertensi akan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, dan masalah penglihatan karena pembuluh darah rusak.

Baca juga: Perempuan Lebih Rentan Hipertensi Selama Pandemi

Para peneliti yang terlibat dalam studi juga menyampaikan perubahan gaya hidup, seperti menurunkan berat badan, membatasi asupan garam, atau pengobatan bisa membantu mengembalikan tekanan darah ke kisaran normal.

Tetapi mereka tetap menyarankan agar penderita hipertensi untuk bertanya ke dokter apakah obat yang dikonsumsi bisa membantu menstabilkan darah dengan usaha gaya hidup sehat.

"Risiko obat-obatan meningkatkan tekanan darah mungkin diabaikan begitu saja, terutama bagi pasien yang menggunakan obat tambahan ini selama bertahun-tahun," ujar penulis studi yang juga peneliti klinis dan lektor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, AS, Dr. Timothy Anderson.

Ia mengatakan, dokter bisa meminta pasiennya untuk selalu memantau tekanan darah di rumah ketika memulai obat yang baru. 

Penggunaan obat-obatan yang diketahui meningkatkan tekanan darah, termasuk obat antidepresan, obat prescription-strength non-steroidal anti-inflammatory (NSAID), steroid, obat hormonal, dekongesta, dan pil penurun berat badan dikonsumsi penderita hipertensi.

Studi menunjukkan orang yang meminum obat tekanan darah mungkin membutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mengontrol tekanan darah jika mereka juga meminum obat untuk kondisi lain meski meningkatkan tekanan darah.

Baca juga: 8 Macam Obat Hipertensi, Mana yang Terbaik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.