Kompas.com - 08/12/2021, 13:49 WIB
Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. iStock/staticnak1983Ilustrasi anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

KOMPAS.com - Mendampingi anak usia sekolah dasar (SD) bersekolah dari rumah menjadi tantangan para orangtua di masa pandemi. Memang tak mudah memastikan anak tetap termotivasi dan mampu memahami materi yang sedang diajarkan.

Ada beragam faktor yang membuat mayoritas siswa merasa tidak senang dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Antara lain PJJ yang lebih menekankan pada pemberian tugas, bukan diskusi.

Menurut pada Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Agustus 202, implementasi PJJ yang sukses banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti waktu pembelajaran yang kurang fleksibel hingga presentasi guru yang monoton.

Beberapa hal ini dapat berpengaruh pada menurunnya motivasi belajar siswa, dan pada akhirnya menyebabkan learning loss atau gagal terbentuknya pengetahuan baru.

Untuk membantu anak-anak belajar dengan baik, orangtua berperan penting. Untuk menjaga semangat dan motivasi anak, orangtua perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ

Antara lain dengan menciptakan struktur yang jelas di rumah dan menyiapkan ruang belajar khusus sehingga anak lebih fokus.

Psikolog anak dan remaja Katarina Ira Puspita mengatakan, absennya elemen sosial dalam PJJ juga membuat proses belajar menjadi kurang menyenangkan.

"Anak sulit untuk bertanya langsung jika ada hal yang kurang dipahami, karena tidak semua orangtua bisa mendampingi. Sekolah seringkali jadi identik dengan tugas sehingga anak lebih jenuh dan tidak termotivasi," kata psikolog dari PION Clinician ini.

Cara belajar yang variatif

Orangtua dan guru perlu menciptakan suasana menyenangkan dan membangun emosi positif anak dalam hal belajar. Ini bisa dilakukan dengan memvariasikan kegiatan dalam proses belajar setiap harinya seperti menyelingi penjelasan materi dengan kegiatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.