Kompas.com - 08/12/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang berguna dan sangat menguntungkan bagi kehidupannya sehari-hari.

Namun, tak jarang ada juga yang mengembangkan kebiasaan buruk sehingga dapat menghambat diri untuk maju dan sukses.

Meski demikian, memutuskan kebiasaan yang buruk tidaklah mudah, apalagi jika kita sudah terbiasa melakukannya dalam jangka waktu yang lama sehingga memerlukan usaha yang ekstra keras.

Tapi jangan khawatir, penulis buku ternama "Atomic Habit", James Clear, membagikan beberapa cara untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik, seperti berikut ini.

1. Membuat perubahan pada hal-hal kecil

Sebenarnya untuk menghilangkan kebiasaan buruk, kita bisa memulainya dengan mengubah hal-hal yang kecil dan sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Misalnya, dengan tidak melewatkan untuk membersihkan gigi secara rutin, maka kita dapat mencegah terjadinya masalah gigi. Atau, kita bisa mengurangi jajan untuk membeli kopi, kita bisa menghemat lebih banyak uang.

"Jadi, untuk meningkatkan diri kita di beberapa hal dalam hidup, paling tidak kita harus melakukan 1 persen hal yang lebih baik setiap harinya dan ini dapat berkembang seiring berjalannya waktu," terang Clear.

Meskipun kadang-kadang tidak terlihat berarti, namun perubahan kecil bisa menjadi kebiasaan sehari-hari yang berdampak lebih signifikan pada kehidupan kita.

Baca juga: 5 Langkah Penting untuk Bangun Kebiasaan Hidup yang Baik

2. Mengubah identitas

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.